The Sorcerer's Apprentice (2010)

Labels: ,


Story : Penyihir Merlin yang memiliki 3 orang murid, Balthazar, Veronica dan Horvath harus menghadapi kekuatan penyihir jahat Morgana. Dimana salah satu muridnya, Horvath berkhianat memihak pada Morgana. Balthazar pada akhirnya berhasil mengurung Morgana dengan bantuan Veronica. Merlin memerintahkan Balthazar untuk menemukan penerusnya dan memberikan cincin naga kepadanya. Bertahun-tahun Balthazar mencari penerus Merlin hingga secara kebetulan bertemu dengan Dave yang juga tanpa sengaja membuka segel yang kemudian membebaskan Horvath. Beberapa tahun kemudian Horvath yang terkurung bersama Balthazar dalam sebuah guci kembali mencari Dave untuk membebaskan Morgana. Balthazar pun mengajarkan sihir kepada Dave sebagai penerus Merlin untuk mengalahkan Morgana.


Review : Jerry Bruckheimer kembali berkolaborasi dengan Walt Disney membuat sebuah film yang diangkat dari sebuah film karya Disney, Fantasia. Dengan Jon Turteltaub pada kursi sutradara, The Sorcerer's Apprentice berkisah tentang seorang pemuda yang terpilih untuk menghadapi penyihir jahat Morgana. Dari segi cerita, The Sorcerer's Apprentice memiliki alur yang sederhana ala disney, tapi masih banyak kekurangan beberapa bagian. Seperti plot yang terkesan agak dipaksakan sehingga film ini memiliki cukup banyak plot hole di dalamnya. Sedangkan kalau kita melihat dari judul film itu sendiri, tentunya di sini menceritakan tentang seorang murid penyihir yang pastinya memiliki hubungan dengan gurunya. Tapi yang lebih menjadi sorotan di sini adalah bagaimana perebutan Grimhold antara Balthazar dengan Horvath. Justru bagian bagaimana Dave belajar ilmu sihir tidak begitu banyak. Jadi hubungan emosional antara guru dan murid yang harusnya terjadi, sangat tidak terasa di film ini. Tapi ada satu daya tarik dari film ini, dimana ilmu sihir dihubungkan dengan science, seperti penjelasan sihir serta penggunaan sihir yang digabungkan dengan ilmu pengetahuan.

Bila kita berbicara mengenai special effect film ini, tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi mengingat Jerry Bruckheimer Films yang menggarap film ini sudah cukup dikenal dengan special effect yang mengagumkan, seperti Pirates of The Carribean series dan Prince of Persia. Setiap penggambaran sihir digambarkan dengan cukup halus. Sedangkan dari cast sendiri, Jay Baruchel sebagai pemeran Dave di film ini sepertinya agak kurang pas. Berbeda dengan karakternya dalam How To Train Your Dragon atau memang karakter Dave yang ia perankan menuntutnya untuk berperan seperti itu. Nicolas Cage sendiri tidak menampilkan performa yang cukup baik. Sedikit aneh dengan rambutnya yang panjang itu. Dan juga Monica Bellucci yang awalnya mungkin akan sering muncul dalam film ini ternyata tidak. Ia hanya muncul beberapa menit di awal dan di akhir film saja.

Walaupun dengan adegan-adegan pertarungan yang penuh dengan special effect dan aksi-aksi yang menghibur khas disney, tetap saja The Sorcerer's Apprentice gagal memberikan sesuatu yang istimewa. Tapi kalau melihat keseluruhan cerita film ini, mungkin Disney bisa menjadikannya sebuah ikon tersendiri dengan membuat sekuelnya. Secara keseluruhan film ini memang hanya cukup sebagai hiburan semata, jadi jangan terlalu berharap banyak.


RATE : 3/5

0 comments:

Post a Comment