The Way Back (2010)


The Long Walk sebuah buku yang ditulis berdasarkan pengalaman Slawomir Rawicz, seorang tentara Polandia yang menjadi tahanan Soviet pada masa Perang Dunia II, menceritakan perjalanannya bersama 6 orang lainnya kabur dari sebuah penjara di Rusia menuju ke selatan melewati Gurun Gobi, Tibet dan Pegunungan Himalaya hingga akhirnya sampai ke India yang pada saat itu dalam pendudukan Inggris. Terinspirasi dari kisah itu, Peter Weir pun membuat The Way Back. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris yang mungkin sudah tidak asing lagi, yaitu Jim Sturgess sebagai Janusz, orang Polandia yang dituduh telah memata-matai Rusia untung kepentingan asing, Collin Farrell sebagai Valka, seorang kriminal Rusia, Ed Harris sebagai Mr. Smith dan Saoirse Ronan sebagai Irena, seorang gadis Polandia yang orang tuanya dibunuh oleh tentara Rusia. Selain beberapa pemeran tersebut ada juga beberapa aktor lain seperti Alexandru Potocean, Sebastian Urzendowsky, Gustaf Skarsgard dan Dragos Bucur dimana masing-masing dari mereka berperan sebagai tahanan yang ikut kabur bersama Janusz.


Janusz seorang warga Polandia yang dituduh telah memata-matai Rusia demi keuntungan asing diharuskan untuk mengakui perbuatannya. Janusz yang kemudian dimasukkan ke sebuah kamp penjara Rusia bertemu dengan Mr. Smith, seorang warga Amerika. Selain itu Janusz juga bertemu dengan beberapa tahanan kamp lainnya, seperti Valka, Tamasz, Kazik, Voss dan Zoran. Setiap penghuni kamp melakukan kegiatan masing-masing demi mendapatkan makanan untuk dapat bertahan hidup di kamp tersebut. Janusz kemudian bertemu Khabarov yang memberitahukannya rencana untuk kabur dari kamp tersebut. Mengetahui sebenarnya Khabarov sebenarnya tidak memiliki keinginan untuk kabur, Janusz tetap pada pendiriannya untuk kabur dari kamp tersebut. Suatu hari, memanfaatkan cuaca yang buruk, Janusz bersama 6 tahanan lainnya pun berhasil kabur dari tempat tersebut menuju ke selatan mencapai perbatasan Mongolia. Cuaca buruk tersebut menguntungkan mereka untuk lari, mengingat jejak mereka langsung tertutup oleh salju sehingga tentara Rusia sulit untuk melacak mereka. Dalam perjalanan mereka ke selatan, mereka bertemu dengan Irena, seorang gadis Polandia yang kehilangan orang tuanya dibunuh yang kemudian bergabung dengan mereka. Mereka pun menyusuri perjalanan yang panjang melewati daratan Siberia yang dingin, Gurun Gobi yang panas dan Pegunungan Himalaya yang terjal demi mencapai tempat dimana tidak ada pengaruh komunis di tempat tersebut dan meraih kebebasan.

The Way Back sebenarnya telah dirilis terlebih dahulu dalam beberapa festival film pada tahun 2010 dan baru dirilis secara terbatas di USA dan beberapa negara lain termasuk Indonesia pada tahun 2011. Setelah cukup lama, Peter Weir kembali hadir setelah film terakhirnya Master and Commander: The Far Side of the World yang rilis pada tahun 2003. Beberapa film lain seperti Dead Poets Society dan The Truman Show yang juga karyanya mendapat berbagai tanggapan positif dan juga penghargaan. Saya sendiri baru menyaksikan The Truman Show sehingga tidak bisa terlalu membandingan karya-karya Peter Weir. Tapi boleh diakui The Way Back merupakan salah satu film yang cukup baik. Menghadirkan kehidupan di sebuah kamp tahanan Rusia yang pada terjadi masa Stalin. Kerasnya hidup di kamp membuat Janusz dan 6 tahanan lainnya lari dari kamp. Dalam perjalanan mereka menuju India, Film ini menyajikan pemandangan serta landscape dataran Rusia yang begitu indah, saya sendiri dibuat terpesona oleh pemandangan tersebut. Kemudian Gurun Gobi yang kering dan panas membuat para pengembara kehausan serta hewan gurun yang mengancam keselamatan mereka. Rasa depresi mereka sepanjang perjalanan tergambarkan dengan cukup baik. Begitu juga ketika mereka kehilangan salah satu dari mereka, tidak ada suasana sedih diantara mereka tapi kesedihan itu sendiri bisa dirasakan. Weir menyusun adegan demi adegan dengan cukup baik sehingga film yang memiliki durasi lebih dari 2 jam ini cukup bisa dinikmati dengan baik tanpa harus merasa bosan.

Dari jajaran pemeran sendiri dimana akting mereka sudah tidak diragukan lagi. Jim Sturgess, Collin Farrell, Ed Harris dan Saoirse Ronan memerankan karakter masing-masing dengan sangat baik. Collin Farrell yang berperan sebagai Valka dengan gaya Rusia-nya yang cukup kental. Saoirse Ronan sedikit mengingatkan saya pada perannya sebagai Susie dalam The Lovely Bones dan lagi-lagi ia menampilkan aktingnya dengan cukup baik di sini. Begitu juga Ed Harris dan Jim Sturgess dimana Sturgess yang memerankan karakter utama Janusz dengan cukup brilliant. Peran pendukung lain juga berperan dengan baik di sini. Diluar porsi masing-masing karakter di film, bisa dibilang semuanya berhasil merepresentasikan karakter masing-masing dengan cukup kuat.

Secara keseluruhan, apa yang dilakukan Weir cukup baik. The Way Back menghadirkan pengalaman menarik dalam sebuah perjalanan pelarian dari daratan Siberia hingga ke India. Mengajarkan bagaimana untuk bisa bertahan hidup dalam berbagai kesulitan dan tantangan alam. Dengan jajaran cast yang memerankan masing-masing perannya dengan baik serta penggambaran landscape yang begitu indah dan mempesona membuat The Way Back hadir sebagai tontonan yang menarik untuk diikuti sebagai salah satu film yang patut untuk ditonton di awal tahun ini. Well done Weir.


RATE : 4 / 5

0 comments:

Post a Comment