Despicable Me (2010)

Labels: ,


Story : Sebuah piramid berhasil dicuri oleh seorang penjahat, Gru yang memiliki obesesi untuk menjadi penjahat nomor satu merasa tertantang untuk sesuatu yang lebih besar. Bersama pasukannya, para minion, Gru berencana untuk mencuri bulan. Untuk itu ia butuh bantuan dana dari bank, sayangnya bank tidak menyetujui rencananya karena ternyata ia belum memiliki senjata pengecil yang akan digunakan untuk mencuri bulan. Untuk membuktikan bahwa ia mampu, ia mengambil senjata pengecil itu, namun Vector, penjahat lain berusaha menggagalkan rencananya dengan mengambil senjata itu darinya dan menyimpannya di rumahnya. Gru yang mencoba mengambil kembali senjata selalu gagal menembus pertahanan rumah hingga ia melihat tiga orang anak panti berhasil masuk rumah itu dengan mudah. Gru mengadopsi ketiga anak itu (Margo, Edith, Agnes) dan menggunakan mereka untuk mencuri senjata pengecil dari rumah Vector untuk mencuri bulan.


Review : Kalau kita melihat semakin banyak film yang memanfaatkan teknologi 3D dalam penayangannya. Beberapa film animasi seperti How To Train Your Dragon, Shrek Forever After dari Dreamworks dan Toy Story 3 dari Pixar yang menggunakan teknologi 3D, kali ini Universal Studios hadir dengan Despicable Me garapan Illumination Entertainment. Dengan tema cerita tentang seorang villain, Despicable Me berusaha menampilkan seorang penjahat tapi tidak dengan gayanya sebagai seorang penjahat, melainkan seseorang yang lucu dan kocak, tentunya tanpa mengurangin esensinya sebagai seorang penjahat. Film ini memiliki alur cerita yang sederhana dan ringan agar dapat mudah dicerna penontonnya yang tentunya kebanyakan anak-anak. Tapi bukan berarti tanpa pengawasan orang tua mengingat film ini berkisar tentang penjahat tentunya ada sisi negatif dari film ini.

Pada sisi humor film ini, Despicable Me menyajikan humor yang mungkin sering kita melihatnya pada kartun televisi seperti Looney Tunes ataupun sejenisnya. Sebuah humor yang bisa dibilang klasik untuk ukuran kartun, tapi dengan humor seperti inilah yang membuat film ini terlihat lucu bagi penonton seperti anak-anak. Namun bukan berarti penonton dewasa tidak terhibur. Cukup banyak penonton yang dibuat tertawa terbahak-bahak. Tentunya ada karakter yang memegang perannya dalam menghibur penonton, adalah para minion yang dengan aksi-aksi mereka membuat para penonton tertawa. Bahkan bahasa berbicara mereka yang terdengar aneh terkadang terbawa penonton hingga film selesai. Dan satu lagi yaitu Agnes, salah satu anak panti yang terlihat lucu dan menggemaskan dan kepolosannya sebagai seorang anak membuat penonton terhibur.

Sebagai film yang bertujuan menghibur penonton, bukan berarti Despicable Me tidak memiliki pesan moral di dalamnya. Sebagaian besar film menceritakan seorang penjahat yang tentunya dapat berdampak negatif bagi anak-anak. Namun seiring berjalannya film, setelah interaksi antara Gru dengan ketiga anak panti, memunculkan sisi lain dari Gru yang ternyata seorang penyayang. Anak panti yang tidak pernah merasakan kasih sayang orang tua, menemukannya ketika mereka bertemu dengan Gru. Begitu pula Gru yang menemukan sisi lain dari hidupnya yang mungkin karena selama ini ia hidup sendiri dan mengingat masa kecilnya yang penuh impian. Sementara untuk bagian soundtrack film ini yang diisi oleh Pharrell Williams memberikan nuansa hip hop ke dalam film sehingga memberikan rasa "fun".

Jika dibandingkan dengan film-film lain yang menggunakan teknologi 3D dalam penyajiannya, Despicable Me benar-benar memanfaatkannya dengan sangat baik. Banyak adegan yang mendukung dalam 3D membuat efek 3D ini sangat dirasa oleh penonton. Bahkan mereka menunjukkan bagaimana kecanggihan teknologi 3D mereka pada bagian akhir film. Jadi sangat disayangkan bila anda tidak menyaksikan versi 3D film ini. Secara keseluruhan Despicable Me berhasil tampil sebagai film yang menghibur dengan menyajikan cerita yang sederhana dan lucu menjadikan Despicable Me cocok untuk ditonton bersama keluarga dan anak-anak apalagi di saat musim liburan. Have Fun!


RATE : 4/5

0 comments:

Post a Comment