Inception (2010)

Labels: , ,


Story : Cobb (Leonardi DiCaprio), seorang extractor mimpi yaitu mencuri "sesuatu" melalui mimpi mendapat tawaran dari Saito (Ken Watanabe) untuk menanamkan sebuah insepsi kepada ahli waris saingannya Robert Fisher (Cillian Murphy) untuk menjatuhkan kerajaan ayahnya. Dengan imbalan dia bisa kembali pulang untuk bertemu anaknya, Cobb bersama Arthur (Joseph Gordon-Levitt) mengumpulkan timnya yang terdiri dari Ariadne (Ellen Page), Eames (Tom Hardy) dan Yusuf (Dileep Rao) untuk menyelesaikan misi tersebut. Di lain hal Cobb harus berhadapan dengan masalahnya sendiri yang berhubungan dengan kehidupannya di masa lalu.


Review : Selamat datang di dunia mimpi ala Christopher Nolan. Mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan saat dimulainya film ini. Nolan yang dikenal dengan 2 karyanya Memento dan The Dark Knight dan beberapa karya lainnya kembali hadir dengan Inception yang merupakan salah satu film paling ditunggu di tahun 2010 ini. Inception bersetting tentang pencurian lewat mimpi, suatu ide cerita yang bisa dibilang berbeda dari Nolan. Pada trailer yang dirilisnya pun Nolan tidak memberikan plot secara detail sehingga cukup membuat penonton penasaran seperti apa alur cerita film ini. Inception menyajikan alur cerita yang terkesan rumit, dimana banyak dialog dan adegan yang harus diperhatikan dengan baik tentunya, agar anda tidak ketinggalan setiap momen dalam film. Setiap adegan berhubungan satu sama lain sehingga memberikan petunjuk pada adegan berikutnya bahkan hingga akhir film. Mungkin memang ada beberapa film yang mengambil mimpi sebagai latar belakang ceritanya, namun Inception berbeda, dimana penggambaran tentang mimpi terasa lebih nyata. Inception memberikan plot yang cukup detail hampir tidak ada plot hole didalamnya, seandainya ada tidak begitu dirasakan oleh penonton. Yang menjadi daya tarik lain dari Inception adalah Nolan berhasil membawa penonton ke dalam alam mimpinya sehingga seakan-akan penonton ikut terbawa berpikir dan merasakan apa yang ada di dalam film. Pendalaman masing-masing karakter juga cukup baik, walaupun karakter Cobb mendapatkan porsi lebih di film ini. Terlihat sekali bahwa alur cerita sebenarnya berkisar padanya.

Sebagai suatu film, Inception menghadirkan segalanya. Mulai dari
action yang ciamik, dialog yang cukup cerdas serta didukung dengan special effect yang menawan. Sebagian besar film dipenuhi dengan dialog-dialog yang cukup cerdas, bisa dibilang dialog yang dihasilkan tidak mubazir. Pada bagian special effect, Nolan menggambarkan dunia mimpi dengan sangat baik seperti hal-hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata kini digambarkan di dalam dunia mimpi dengan penampilan grafis yang memukau. Selain itu Inception juga dibumbui oleh adegan action yang membuat film ini terasa lebih lengkap. Kalau kita berbicara mengenai music score Inception, mulai dari awal hingga akhir film anda disajikan dengan karya-karya Hans Zimmer yang cukup menawan. Scoring yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan adegan yang dimainkan. Serta memberikan nuansa drama penuh misteri yang menegangkan.

Melihat jajaran cast Inception yang tentunya tidak asing lagi, nama-nama seperti Leonardo DiCaprio (Titanic, Shutter Island), Joseph Gordon-Levitt (500 Days of Summer), Ken Watanabe (Letters From Iwo Jima) dan Ellen Page (Juno, Hard Candy) yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan akting mereka. Bahkan Leo yang penampilannya kurang memukau dalam Shutter Island kini kembali tampil dengan baik. Masing-masing karakter memiliki peran sendiri dan kesemuanya berhasil memberikan porsinya masing-masing dalam film.

Secara keseluruhan, Inception memberikan hiburan tersendiri yang berhasil membawa penonton untuk ikut berperan di dalam film bahkan penonton dapat memberikan persepsi masing-masing selama berjalannya film bahkan hingga film selesai, banyak yang bisa diperdebatkan mengenai alur cerita dari film. Nolan berhasil memberikan penontonnya untuk memiliki persepsi masing-masing terhadap film. Mungkin butuh lebih dari sekali bagi anda agar benar-benar dapat menemukan setiap detail film. Akhir kata, Inception merupakan salah satu masterpiece dari Christopher Nolan yang dengan idenya yang original menjadikan Inception salah satu calon peraih Oscar tahun depan.


RATE : 5/5

0 comments:

Post a Comment