Gangster Squad (2013)

Labels:


Mickey Cohen (Sean Penn), seorang gangster yang merajai Los Angeles dengan menyuap baik polisi maupun pesaing-pesaingnya mencoba mengekspansi bisnisnya hingga ke kota lain. Polisi tidak diam saja dengan hal tersebut dan semakin menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat pada polisi akan kemampuan mereka menghentikan mafia. Sang kepala polisi pun menunjuk John O'Mara (Josh Brolin) untuk membentuk tim khusus dan berperang secara gerilya terhadap geng milik Cohen. Mereka adalah Jerry Wooters (Ryan Gosling), Coleman Harris (Anthony Mackie), Conway Keeler (Giovanni Ribisi), Max Kennard (Robert Patrick) dan Navidad Ramirez (Michael Pena). Tugas berat bagi mereka untuk tetap menjaga kerahasiaannya dan juga sedikit demi sedikit menghancurkan bisnis milik Cohen, sementara orang-orang terdekat mereka juga terancam.


Masih ingatkah dengan tragedi penembakan di bioskop Aurora di Amerika Serikat pada pemutaran film The Dark Knight Rises? Pada awalnya Gangster Squad direncanakan untuk dirilis pada awal September 2012 lalu, namun akibat tragedi penembakan tersebut, jadwal rilis Gangster Squad pun diundur hingga Januari 2013. Ada salah satu adegan dalam film ini yang menampilkan baku tembak antara gang dan mafia di sebuah bioskop yang melibatkan penonton bioskop. Mengingat hubungannya dengan tragedi penembakan tersebut dan adegan tersebut juga cukup penting terhadap cerita, pengambilan gambar ulang pun dilakukan dan mengganti adegan penembakan tersebut dengan yang lain. Sehingga membuat film ini diundur jadwal tayangnya.


Mungkin anda rindu dengan film-film bertemakan mafia seperti trilogi The Godfather, Goodfellas ataupun Scarface. Gangster Squad mungkin masih sangat jauh bila dibandingkan dengan film-film tersebut. Film yang disutradarai Ruben Fleischer dan skenarionya ditulis oleh Will Beall memang masih dangkal bila berbicara tentang dunia mafia. Secara cerita, Gangster Squad tidak mampu berbicara banyak. Memang terlihat jelas film ini hanya menekankan pada sisi action. Sehingga sangat cocok bila anda ingin menikmati sebuah tontonan yang menghibur. Benar saja, bila rindu dengan aksi tembak menembak mafia, Gangster Squad bisa menjawabnya.

Yang menjadi perhatian utama di sini tentunya adalah deretan nama-nama yang menjadi pemeran dalam film ini. Ada beberapa nama besar seperti Josh Brolin, Sean Penn atau Ryan Gosling. Ensemble cast inilah yang menjadikan Gangster Squad tetap bisa dinikmati. Walau secara akting terlihat biasa tapi kesemuanya berhasil membentuk kesatuan yang pas. Sean Penn cukup baik memerankan Mickey Cohen, begitu juga Josh Brolin yang berperan sebagai pemimpin Gangster Squad. Menariknya adalah seorang Ryan Gosling yang dengan aktingnya yang mungkin antara disuka ataupun dibenci. Selain beberapa nama di atas, ada juga aktris cantik Emma Stone yang berperan sebagai Grace tak lupa menambah keasikan menikmati film ini.

Tanpa basi basi, Gangster Squad menawarkan aksi tembak menembak ala gangster diluar ceritanya yang klise dan dangkal. Namun sebagai salah satu film pembuka di tahun 2013, Gangster Squad setidaknya bisa memberikan tontonan yang menghibur. Tidak perlu berekspektasi banyak terhadap film ini dan anda akan dapat menikmatinya.


RATE : 3 / 5

1 comments:

Post a Comment