21 Jump Street (2012)

Labels: ,


Schmidt (Jonah Hill) dan Jenko (Channing Tatum) merupakan mantan teman satu sekolah bertemu kembali saat di akademi kepolisian, bedanya Schmidt adalah anak yang pandai sementara Jenko walaupun memiliki tubuh yang atletis tapi ia berkelakuan buruk dan selalu gagal dalam teori dimana pada akhirnya mereka berdua berteman dekat. Pada akhirnya mereka lulus bersama dan menjadi rekan kerja namun sebagai polisi taman. Ketika akhirnya mereka berhasil menangkap seorang anggota geng motor walaupun pada akhirnya dilepas karena mereka gagal membacakan hak terdakwa. Hal tersebut membuat mereka dipindahkan ke 21 Jump Street, divisi yang dipimpin oleh Captain Dickson (Ice Cube) memberikan tugas kepada mereka untuk menyamar dan menangkap pengedar narkoba di sebuah sekolah. Di sekolah bukan hanya misi itu yang harus mereka jalankan, tetapi seolah mereka kembali pada masa sekolah mereka dimana cinta dan persahabatan ikut ambil bagian.


21 Jump Street dibuat berdasarkan adaptasi film seri televisi dengan judul yang sama pada tahun 1987-1991. Sebagai sutradara adalah duet Phil Lord dan Chris Miller yang sebelumnya juga duet dalam film animasi Cloudy with a Chance of Meatballs dan kali ini mereka bekerja mengeksekusi skenario yang ditulis oleh Michael Bacall dan Jonah Hill. Dalam film ini, Phil Lord dan Chris Miller akan membawa anda ke dalam cerita yang sederhana anak sekolah dengan permasalahan cinta dan persahabatan di tengah penyamaran dua orang anggota polisi ini untuk mengungkap keberadaan pengedar narkoba dan yang didapatkan adalah sebuah tontonan yang amat menghibur. Tingkah laku Hill dan Tatum di sekolah inilah yang akan menjadi hiburan bagi anda dan joke vulgar dari keduanya akan menemani anda sepanjang film.

Membayangkan seorang Jonah Hill sebagai polisi dan memegang pistol atau Channing Tatum yang harus kembali ke bangku sekolah dan ikut kelas kimia. Bagi Jonah Hill peran sebagai seorang lulusan ekonomi yang memberikan ide-ide brilian dalam Moneyball memberikan persepsi bahwa karakter nerd memang cocok bagi dirinya dan itu kembali dia perankan di sini. Sementara bagi Channing Tatum mungkin terlihat aneh ketika ia harus memerankan anak SMA dan bergaul dengan anak-anak pandai lainnya dan memang itulah yang harus terjadi dalam 21 Jump Street. Walaupun begitu, usahanya cukup baik untuk menyatu dengan para nerd dan menjalin chemistry yang baik dengan Jonah Hill.

21 Jump Street menyajikan joke yang memang terkesan vulgar, tak heran jika film ini mendapatkan rating dewasa. Walaupun begitu, dalam cerita yang ditulis oleh Michael Bacall dan Jonah Hill juga menyisipkan pembahasan sosial dan pergaulan remaja Amerika saat ini. Bisa jadi ini merupakan sindirian bagi mereka, generasi remaja saat ini entah itu berkaitan dengan pergaulan sosial mereka ataupun tontonan televisi yang sedang 'hits'.

Diangkat berdasarkan serial TV pada jamannya yang melambungkan nama Johnny Depp, 21 Jump Street merupakan sebuah film komedi yang sangat menghibur. Walaupun saya sendiri belum pernah menyaksikan serial televisinya, tapi sepertinya chemistry antara Jonah Hill dan Channing Tatum tidak berbeda dengan pendahulunya saat masih menjadi serial TV. Kemunculan cameo yang tidak anda duga sebelumnya bisa menjadi bumbu manis bagi mereka yang ingin bernostalgia dengan serial TV-nya. Acungan jempol patut diberikan kepada duet Phil Lord dan Chris Miller dan juga Jonah Hill dan Channing Tatum yang tampil cukup baik dalam 21 Jump Street.


RATE : 4 / 5

0 comments:

Post a Comment