The Witness (2012)

Labels: , ,


Angel Williams (Gwen Zamora) akhir-akhir ini mengalami mimpi yang aneh tentang seorang pemuda yang terlihat frustasi hingga memutuskan untuk bunuh diri. Hingga suatu hari kejadian buruk terjadi di hotel tempat ia bekerja, salah satu tamu hotel ditemukan meninggal dunia tanpa sebab. Angel sendiri baru saja dipindahkan dari Manila ke Jakarta. Keluarganya adalah ekspatriat asal Filipina yang sudah menetap selama beberapa tahun di Jakarta, terkecuali Angel yang memang baru saja pindah. Ternyata kejadian buruk yang terjadi pada hari itu tidak berhenti sampai di situ. Di malam pada hari yang sama, Rumahnya kedatangan tamu seorang bapak tua membawa senapan yang kemudian membunuh seluruh penghuni rumahnya, termasuk ayah, ibu, adiknya Safara (Kimberly Ryder), pembantu dan petugas keamanan. Dirinya sendiri juga terkena tembakan namun masih selamat. Merasa syok dengan kematian keluarganya, Angel terlihat semakin depresi apalagi bayangan tentang pembunuhan keluarganya terus membayanginya, belum lagi mimpi aneh yang semakin sering terjadi. Angel sebagai satu-satunya yang selamat dan saksi mata pembunuhan itu harus menemukan siapa pembunuh keluarganya dan mengakhiri segala mimpi buruk yang ia alami.


The Witness merupakan hasil kerja sama antara rumah produksi dari 2 negara, Skylar Pictures dari Indonesia dan GMA Films dari Filipina. Skylar Pictures sendiri di dalam negeri telah memproduksi beberapa film seperti Tebus dan film dengan jumlah penonton terbanyak di tahun 2011, Surat Kecil Untuk Tuhan. Film yang rilis lebih dulu di Filipina ini sebagian besar menggunakan bahasa Inggris dalam dialognya dan beberapa bagian menggunakan bahasa Filipino dan Indonesia. Selain dirilis di Indonesia dan Filipina, film ini juga akan rilis di beberapa negara lain seperti Malaysia dan Singapura. Sutradara adalah Muhammad Yusuf yang sebelumnya pernah membuat film Tebus bersama Skylar Pictures.

Sebagai pemeran utama, Gwen Zamora adalah artis asal Filipina yang bernaung dalam GMA Pictures. Pierre Gruno memerankan seorang pria tua yang menjadi pembunuh kejam keluarga Williams. Beberapa karakter lain diperankan oleh artis Indonesia seperti Safara Williams diperankan oleh Kimberly Ryder, Agung Saga sebagai Aris Mahendra, Marcellino Lefrandt sebagai detektif Indra dan Feby Febiola sebagai Celine. Bermain sebagai wanita yang depresi akibat menjadi saksi mata kematian keluarganya, Gwen Zamora lebih banyak menangis ketimbang harus berkata-kata. Bahkan porsi dialog Agung Saga dan Kimberly Ryder mungkin lebih banyak dibanding dengan kemunculan mereka di film ini.

Berangkat dari genre thriller, The Witness sejak awal memang memberikan kesan misterius. Sebuah mimpi yang menjadi tanda tanya dan pembantaian berdarah yang dilakukan oleh orang yang tidak dikenal. Sayangnya ketika sensasi horor disisipkan ke dalam film ini terkesan repetitif. Walau begitu, Muhammad Yusuf membangun alur cerita The Witness dengan cukup baik, sehingga ketika penonton hampir sampai pada titik bosannya, ia justru mulai mengungkap jawaban dari setiap pertanyaan siapa, apa dan dimana. Menarik adalah music score yang digunakan hampir sepanjang film yaitu potongan intro dari salah satu soundtrack yang digunakan dalam film ini "Before I Die" oleh Pika Airplay and Izzal Peterson. Di film, lagu ini juga dinyanyikan langsung oleh Agung Saga sebagai salah satu lagu yang dirilis oleh band-nya.

The Witness menyajikan perpaduan antara thriller, horror dan romance. Sisi bloody dan gore menjadi konsumsi penggemar film thriller ditambah kemunculan bayangan-bayangan yang menghantui karakter Angel lalu menyisipkan drama percintaan ala FTV. Walau begitu, film ini mampu memberikan ketegangan yang konstan sepanjang film. Secara keseluruhan, The Witness menyajikan sesuatu yang berbeda dibandingkan film Indonesia kebanyakan dan keberhasilan Skylar Pictures bekerja sama dengan rumah produksi negara lain, membuka jalan bagi produser film lokal untuk go international.


RATE : 3.5 / 5

0 comments:

Post a Comment