I AM. (2012)

Labels: , ,


Mungkin anda fans dari Super Junior atau SHINee atau Girls Generation, grup asal Korea yang saat ini memiliki fans hampir di seluruh dunia. Tapi apakah anda tahu bagaimana perjuangan mereka hingga bisa berdiri di sebuah panggung besar Madison Square Garden. I AM. merupakan film semi dokumenter yang menceritakan perjalanan artis-artis yang berada di bawah label SM Entertainment mulai dari saat mereka audisi hingga penampilan mereka di Madison Square Garden, New York pada tanggal 23 Oktober 2011. Mereka yang tampil adalah Kangta, BoA, Super Junior, Girls Generation, SHINee dan f(x) dalam sebuah konser yang bernama SMTown Live in New York.

I AM membawa fans kepada idola mereka lebih dekat dengan self talk interview dan memberikan footage yang sebelumnya belum pernah ditampilkan dan di film ini pula bisa melihat bagaimana perjuangan artis-artis ini hingga bisa berdiri di tempat mereka sekarang dengan banyak fans di seluruh dunia. Film yang disutradarai oleh Choi Jin Sung ini membawa penonton ke masa audisi dan masa trainee artis-artis ini. Terbayang bagaimana Donghae dari Super Junior atau Hyoyeon dari Girls Generation saat audisi atau Sungmin dari Super Junior melewati masa-masa training mereka. Waktu yang cukup panjang mereka lalui karena untuk sampai pada masa debut, artis-artis ini harus melalui bertahun-tahun training bukan sesuatu yang instant seperti banyak dilakukan boyband dan girlband Indonesia. Beberapa artis SM juga berasal dari luar Korea, seperti Victoria dan Amber dari f(x) yang berasal dari China atau Tiffany dari Girls Generation yang lolos audisi di Amerika dan memutuskan untuk pindah ke Korea dan keputusan itu merupakan keputusan yang berat dan mengubah hidup mereka.


Seperti film semi-dokumenter konser lainnya, I AM. juga memasukkan footage yang diambil dari konser mereka di Madison Square Garden. Seperti saat-saat di belakang panggung ketika mereka harus menunggu giliran mereka tampil di atas panggung atau hal-hal lucu lain selama berlangsungnya konser. Dan pastinya, I AM. menyajikan beberapa penampilan mereka di atas panggung seperti SHINee yang membawakan Replay dan Lucifer, Super Junior yang membawakan Mr. Simple dan Sorry Sorry, TVXQ menyanyikan Mirotic dan Keep Your Head Down, Girls Generation membawakan Genie dan The Boys, f(x) dengan lagunya La Cha Ta dan Pinocchio, Kangta duet dengan Sulli menyanyikan 7989 dan BoA dengan Eat You Up, kesemuanya ditampilkan berselingan dengan video interview ataupun video masa training masing-masing artis.

Kalau banyak yang mengira film dengan unsur dokumenter itu membosankan, itu tidak akan terjadi dalam I AM. tingkah laku para artis ini saat diwawancara justru akan membuat penonton tertawa. Memang tingkah laku artis yang berada dalam label SM Entertainment ini selalu bisa membuat penggemarnya tertawa bahkan terkadang menangis terharu melihat mereka. Selain mengangkat kisah artis-artisnya, I AM. juga tak melupakan penggemarnya. Dalam project yang dinamakan UCC Project yang diikuti oleh fans di seluruh dunia menampilkan cover lagu artis SM, yang terpilih ditampilkan dalam film ini, bahkan ada beberapa cover dancer Indonesia yang terpilih.

I AM. menampilkan perjalanan artis-artis yang berada dalam SM Entertainment mulai dari mereka audisi, masa-masa training yang berat hingga akhirnya debut dan dapat tampil di atas panggung megah di Madison Square Garden. Film yang menggambarkan perjuangan dan kerja keras demi mencapai mimpi sebagai artis idola dan artis-artis ini membuktikan bahwa sesuatu yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin bila dijalani dengan niat dan kerja keras. I AM. sebuah film yang bukan hanya menghibur tapi juga inspiratif.


RATE : 4 / 5

0 comments:

Post a Comment