The Avengers (2012)

Labels:


Setelah menjadi pahlawan di filmnya masing-masing, Captain America (Chris Evans), Thor (Chris Hemsworth), Hulk (Mark Ruffalo) dan Iron Man (Robert Downey Jr.) kini tergabung dalam sebuah proyek yang dinamakan The Avengers. Bagi yang sudah menyaksikan semua film tersebut, pastinya tahu kemunculan Nick Fury (Samuel L. Jackson) seorang anggota S.H.I.E.L.D. yang berusaha menyatukan keempat jagoan tersebut membentuk sebuah tim yang bernama The Avengers. Selain beberapa karakter yang disebutkan, ada 2 karakter lain yang tergabung dalam The Avengers, yaitu Black Widow (Scarlet Johansson) dan Hawkeye (Jeremy Renner). Black Widow sebelumnya pernah muncul dalam Iron Man 2 sedangkan Hawkeye menjadi cameo dalam film Thor.


Dalam The Avengers, Loki (Tom Hiddleston) mencuri Tesseract dan membuat perjanjian dengan seseorang untuk menukarnya dengan pasukan Chitauri yang akan dia gunakan untuk menguasai Bumi. Terganggu dengan hal itu dan menganggap Loki adalah ancaman bagi dunia, Nick Fury memanggil Steve Rogers, Tony Stark, Natasha Romanoff dan Bruce Banner untuk menangkap Loki dan mendapatkan kembali Tesseract. Namun bukan hanya mereka saja yang mencari Loki melainkan Thor yang merupakan saudara tiri Loki di Asgard juga datang untuk mendapatkannya dan membawa Loki kembali ke Asgard. Dengan Tesseract yang ada di tangan Loki yang bisa membawa pasukan Chitauri dan membahayakan Bumi, seluruh anggota The Avengers kini harus bekerja sama untuk bisa menghentikan rencana jahat Loki dan menyelamatkan dunia mereka.


Marvel kini mempercayakan The Avengers kepada Joss Whedon dan ini merupakan keterlibatan pertamanya dalam proyek Marvel Universe dan bisa dikatakan The Avengers merupakan film panjang pertama Whedon sebagai sutradara dalam kurun 5 tahun terakhir. Nama Joss Whedon sendiri mungkin lebih dikenal sebagai penulis skenario dibanding sutradara dan kali ini selain sebagai Sutradara, Whedon juga menulis sendiri naskah The Avengers dibantu oleh Zak Penn yang pernah terlibat dalam proyek Marvel lain yaitu The Incredible Hulk. Dari segi cast, Marvel memang melakukan yang terbaik dengan cast dari film masing-masing superhero yang sekiranya sudah identik, seperti Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark ataupun Chris Hemsworth sebagai Thor, hanya saja kali ini Edward Norton sebagai Bruce Banner digantikan oleh Mark Ruffalo dan sebagai Bruce Banner ia berhasil menampilkan yang terbaik bahkan lebih baik dari Edward Norton sekalipun.

Tentu tidak mudah bagi Joss Whedon menggabungkan 4 tokoh superhero dengan karakteristik berbeda yang sudah dibangun sejak awal di film masing-masing dan Whedon sebagai seorang fans dari komik Marvel pasti tahu bagaimana meramunya. Secara keseluruhan naskah The Avengers yang dibuat oleh Whedon sederhana saja, ia tak perlu melebih-lebihkan unsur drama tetapi tetap pada cerita yang fun dan mudah dicerna. Menarik bagaimana Whedon bisa tetap membawa karakteristik masing-masing superhero dari film masing-masing bahkan menaikkan levelnya lebih baik lagi. Thor yang mungkin terlalu serius bisa menghasilkan dialog yang lucu, begitu juga Captain America yang tetap pada wibawanya tapi terkadang lucu. Cukup cerdas bagaimana Whedon menyisipkan dialog yang lucu ini agar penonton tidak mengalami kebosanan.

Ketika berbicara film superhero pasti yang dinantikan adalah pertarungan seru antara kelompok jagoan menghadapi kelompok penjahat. Dalam The Avengers, Joss Whedon meramu pertarungan terakhir antara The Avengers melawan sekelompok musuh yang menghancurkan kota, bayangkan bagaimana gedung-gedung bertingkat atau kota yang hancur akibat perseteruan keduanya. Bagaimana Whedon memberikan porsi masing-masing superhero dengan cukup merata seolah menggambarkan kombinasi The Avengers yang sebenarnya dan pastinya anda tidak ingin melewatkan pertarungan yang satu ini.

The Avengers bisa dibilang mimpi Marvel yang terwujud untuk menyatukan superhero yang sudah dibuat filmnya menjadi satu. Sebagai pembuka Summer Movies tahun ini, dengan aksi yang menarik dan spesial efek yang 'wah' apalagi bila dinikmati di layar besar IMAX menjadikan The Avengers tontonan yang sangat menghibur dan menjadi ibu dari segala film superhero Marvel yang pernah ada.


RATE : 4.5 / 5

2 comments:

  1. Anonymous said...:

    the avengers film yerkeren sepanjang masa !!
    keren banget

  1. MRPBlog said...:

    Gw demen banget bro sampe nonton 3 kali w dibioskop!!! Haha... :D

Post a Comment