The Hobbit: An Unexpected Journey (2012)

Labels:


Bagi fans trilogi Lord of the Rings, siapa yang tidak ingat dengan kalimat "My Precious" yang selalu diucapkan Gollum. Bernostalgia dengan trilogi tersebut adalah yang bisa dilakukan oleh fans hingga saat diumumkan bahwa The Hobbit akan dibuat filmnya oleh Peter Jackson, pastinya para fans menjadi tidak sabar untuk menyaksikannya. The Hobbit sendiri merupakan prekuel daripada Lord of The Ring. Pada awalnya The Hobbit akan dibagi menjadi 2 film yaitu An Unexpected Journey dan There and Back Again. Namun pada saat mendekati perilisan An Unexpected Journey, diputuskan bahwa The Hobbit akan dibuat dalam trilogi.

The Hobbit membawa kita kembali ke Middle Earth, kali ini kisah berputar pada Bilbo Baggins. Masih ingat kan dengan Frodo Baggins dalam trilogi Lord of the Rings, seorang Hobbit yang ditugaskan untuk membawa One Ring ke Mordor untuk dihancurkan. Bilbo Baggins adalah paman daripada Frodo Baggins. Dalam Fellowship of the Ring sendiri tokoh Bilbo Baggins juga sudah dikenalkan pada bagian awal film dimana saat itu One Ring berada di tangan dia sebelum akhirnya diberikan kepada Frodo.


Pada masa ini, Bilbo Baggins yang sudah tua duduk dengan pena di tangannya menuliskan cerita di selembar kertas. Saat kemudian Frodo datang hingga ia menghentikan tulisannya tersebut. Sesaat Frodo pergi untuk menyambut kedatangan Gandalf, Bilbo duduk termenung di kursi halaman rumahnya seraya menghisap rokoknya, ia mengenang pertemuan pertamanya dengan Gandalf. Gandalf the Gray, salah satu penyihir di Middle Earth memilih dan membuat Bilbo bergabung dengan sekelompok kurcaci dalam petualangan mereka mendapatkan kembali tanah asal mereka yang diambil oleh seekor naga bernama Smaug. Dari sinilah petualangan The Hobbit dimulai.

Meet the new Fellowship of the Journey, Mereka adalah 13 kurcaci yaitu Nori, Fíli, Dori, Bofur, Glóin, Dwalin, Balin, Óin, Bombur, Bifur, Ori, Kíli dan terakhir adalah Thorin yang merupakan pewaris dari kerajaan kurcaci yang direbut oleh Smaug. Selain tokoh baru yang disebut tadi juga ada beberapa tokoh yang pernah muncul dalam trilogi LoTR. Selain Gandalf, ada Galadriel, Elrond, Saruman dan tidak lupa Smeagol aka Gollum. Kembalinya tokoh lama tersebut juga menandakan beberapa pemeran yang kembali muncul, seperti Ian McKellen, Cate Blanchett, Hugo Weaving, Christopher Lee dan tidak lupa Andy Serkis yang memerankan Gollum dengan teknologi motion capture. Martin Freeman yang berperan sebagai Bilbo memberikan ciri khas baru, gaya dan karakter Bilbo sudah mulai melekat pada diri pemeran Watson dalam serial TV Sherlock ini.


Dari sisi teknis The Hobbit sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan bahan dasar dan racikan yang sama seperti LoTR pendahulunya menghasilkan sebuah tontonan yang sama menariknya. Visual The Hobbit kembali menghadirkan gambar-gambar indah daratan Middle Earth yang dibawa dari daratan Selandia Baru tempat pengambilan gambar The Hobbit, keindahan panorama alam yang dirindukan sejak kehadiran LoTR. Ditambah musik pengiring yang semakin menggambarkan megahnya dunia fantasi J.R.R. Tolkien.

Yang berbeda dari The Hobbit adalah penggunaan format 3D dan pengambilan gambar dengan frame rate 48fps. Untuk frame rate saya sendiri belum bisa berkomentar karena belum menyaksikan untuk format ini sedangkan untuk format 3D, bila berharap 3D yang eye-popping anda tidak akan menemukannya di sini. Penggunaan format 3D dalam The Hobbit lebih mengedepankan kedalaman gambar ketimbang adegan yang eye-popping. Setidaknya format 3D bisa membawa merasakan dunia Middle Earth lebih jauh.

The Hobbit yang pada awalnya cukup diragukan apakah bisa menjadi sehebat seri LoTR hingga banyak yang menurunkan ekspektasinya tak disangka tetap dapat menghasilkan sebuah tontonan yang hebat. The Hobbit: An Unexpected Journey membuka trilogi baru dari buah karya J.R.R. Tolkien. Dengan durasi hampir 3 jam, film ini sama sekali tidak membosankan, dengan petualangan yang lebih berwarna dan kisah yang lebih jenaka, Peter Jackson benar-benar menjadikan An Unexpected Journey sebagai kisah petualangan bagi semua umur.


RATE : 4.5 / 5

0 comments:

Post a Comment