Headhunters / Hodejegerne (2011)

Labels: ,


Headhunter adalah seseorang yang bekerja mencari orang yang cocok untuk menempati suatu posisi kosong di perusahaan. Itulah pekerjaan yang dilakukan oleh Roger Brown (Aksel Hennie) walaupun begitu selain sebagai headhunter, ia juga berperan sebagai pencuri barang seni demi memenuhi gaya hidupnya yang tergolong tinggi. Dua pekerjaan yang dijalaninya tersebut memang terlihat mulus hingga ia bertemu dengan Clas Greve (Nikolaj Coster-Waldau) yang dikenalkan oleh istrinya, Diana Brown (Synnøve Macody Lund). Bagi Roger, Clas adalah kandidat yang tepat untuk mengisi posisi di sebuah perusahaan yang menjadi kliennya dan ia juga mengetahui bahwa Clas memiliki benda seni yang nilainya sangat tinggi. Memutuskan untuk mencuri benda seni milik Clas dari apartemennya, di tempat itu Roger menemukan sesuatu yang tidak ia duga sebelumnya yang akan mengubah hidupnya menjadi seorang buronan.


Headhunters atau Hodejegerne adalah film drama thriller asal Norwegia yang dibuat oleh sutradara Morten Tyldum. Film ini diadaptasi dari novel karya Jo Nesbø yang berjudul Hodejegerne. Headhunters membawa anda ke dalam dunia kerja yang penuh intrik, sebuah permainan antara si pencari kandidat dengan si kandidat. Secara cerita, skenario yang diadaptasi dari novel dan ditulis oleh Lars Gudmestad dan Ulf Ryberg ini membangun plot yang cukup rapi. Satu demi satu misteri terungkap seiring dengan berjalannya film. Sementara dari sisi drama, Headhunters bukan sekedar tentang perburuan untuk membunuh atau aksi saja tapi juga ada sisi humanis di antara itu. Di sinilah hubungan antara Roger dengan Diana dan karakter lain diungkap dan perkembangan karakter seorang Roger bisa dibilang sangat baik. Tidak berhenti di situ saja, film ini juga menyajikan sisi gore-nya, jadi bila anda menyukai film yang sadis, ini adalah salah satu yg patut ditonton.

Secara performa akting, Aksel Hennie yang berperan sebagai Roger Brown bermain yang cukup baik. Ia cukup baik mendalami karakter Roger yang diperankannya sehingga pembangunan karakternya dapat terjadi dengan baik. Begitu juga dengan lawan mainnya Nikolaj Coster-Waldau yang dalam film ini berperan sebagai Clas Greve yang menjadi kandidat Roger. Selain mereka ada Synnøve Macody Lund yang berperan menjadi istri Roger, Diana. Walau kemunculannya dalam film ini tidak banyak, tapi tidak mengurangi bagaimana ia bermain dalam film ini.

Sebagai film drama thriller, Headhunters karya Morten Tyldum ini memang patut diacungi jempol. Bagaimana Morten membangun alur ceritanya membuat penonton semakin penasaran dengan jalan cerita dari waktu ke waktu hingga eksekusi ending yang cukup rapi. Ya, mungkin film dengan genre thriller memang hampir selalu menyajikan twist tapi tidak bosan-bosannya kita sebagai penonton menikmati twist tersebut asalkan memang masih berada di jalurnya dan inilah yang akan anda dapatkan dalam Headhunters. Akhir kata, Headhunters merupakan salah satu film yang wajib ditonton apalagi jika anda sudah bosan dengan nuansa thriller Hollywood, mungkin ini bisa menjadi salah satu penyegar.


RATE : 3.5 / 5

0 comments:

Post a Comment