Battleship (2012)

Labels:


Alex Hopper (Taylor Kitsch) terpaksa harus bergabung dengan angkatan laut setelah apa yang dilakukannya untuk merayu Samantha (Brooklyn Decker) yang ternyata adalah anak dari atasan kakaknya, Stone Hopper (Alexander Skarsgård) di angkatan laut. Angkatan laut Amerika dengan angkatan laut dari beberapa negara lain tergabung dalam RIMPAC yang merupakan pelatihan angkatan laut internasional yang diadakan di Laut Pasifik. Namun siapa sangka latihan ini berubah menjadi sebuah misi untuk menyelamatkan dunia, ketika Bumi kedatangan 5 benda asing akibat percobaan NASA untuk berkomunikasi dengan Planet G. Tiga kapal yang ditugaskan untuk memeriksa benda asing tersebut, USS John Paul Jones, USS Sampson, dan JDS Myoko terjebak di dalam sebuah pelindung yang dibuat oleh sang makhluk asing dan kini hanya merekalah harapan dunia untuk mencegah invasi yang dilakukan oleh makhluk asing tersebut.


Battleship diangkat dari sebuah permainan anak-anak yang terdiri dari kotak-kotak dimana masing-masing pemain akan menempatkan armada perangnya dan pemain lawannya harus menebak dimana lokasinya berdasarkan kotak-kotak yang ada. Sebuah Blind Strategy Board Game dengan sistem Turn-Based dan apabila berhasil mengenai posisi lawan dengan tepat bisa terus menjalankan gilirannya, tetapi jika gagal harus berganti dengan lawannya. Sebuah permainan yang mengasikkan yang mungkin sebagian orang pernah memainkannya dahulu bahkan hingga sekarang.


Mungkin tidak mudah untuk menjadikan sebuah permainan yang tanpa cerita untuk dijadikan sebuah film, untuk itu Universal dan Hasbro menunjuk Erich Hoeber dan Jon Hoeber untuk menulis naskahnya dan Peter Berg sebagai sutradara. Tanpa basa basi lagi, tanpa cerita yang cukup berarti Erich Hoeber dan Jon Hoeber langsung menjadikan Battleship sebuah film aksi perang dengan visual effect yang menawan, menariknya permainan Battleship pun diterapkan di sini. Apabila dalam permainan Battleship kita diharuskan menebak posisi lawan berdasarkan kotak-kotak yang ada, kali ini Peter Berg menggunakan sesuatu yang lebih ilmiah yaitu perubahan ketinggian air yang dideteksi alat yang biasa digunakan untuk peringatan dini tsunami. Dengan alat inilah kapal perang USS John Paul Jones mendeteksi keberadaan kapal perang milik makhluk asing untuk menghancurkan mereka.

Dari sisi visual effect, mungkin akan terlihat berbagai kemiripan antara visual Battleship dengan Transformers, bahkan dari bentuk kapal perang makhluk asing ataupun senjata mereka ada sedikit kemiripan. Tentu saja mungkin pengaruh Hasbro sebagai perusahaan yang menaungi kedua film ini, sehingga visual effect dalam Battleship memiliki kemiripan dengan Transformers. Bahkan disebut-sebut Peter Berg terinspirasi oleh Michael Bay saat membuat film ini. Selain itu menarik bagaimana Peter Berg mengambil gambar secara eagle-eye menampilkan bagaimana medan peperangan secara geografis.

Perlu diakui Battleship memang minim dalam segi cerita begitu juga dengan karakteristik dan akting yang masih sangat dangkal. Namun begitu ketika kita berangkat untuk menikmati film ini hanya sebagai hiburan semata tentunya dengan mengesampingkan hal-hal tersebut mungkin anda tidak akan kecewa. Jika boleh membandingkan, Battleship memang lebih baik daripada Transformers ataupun Battle: Los Angeles sekalipun. Bukan Liam Neeson ataupun seorang Rihanna yang juga ikut bermain dalam film ini, melainkan Peter Berg yang mampu membuat Battleship berani bicara BOOM, BANG, DHUAR.


RATE : 3 / 5

0 comments:

Post a Comment