Unstoppable (2010)


Story : Sebuah kereta barang yang memiliki muatan bahan kimia berbahaya berjalan dengan kecepatan tinggi tanpa ada masinis yang mengendarainya akibat kesalahan yang dilakukan oleh Dewey yang turun pada saat kereta berjalan untuk mengubah tuas pada rel. Kereta tak bermasinis itu meluncur dengan kecepatan tinggi menuju daerah pemukiman penduduk dan pada jalur yang sama juga terdapat kereta yang membawa rombongan anak sekolah yang sedang darma wisata. Sementara di tempat lain, Frank (Denzel Washington), seorang masinis yang sudah berpengalaman mendapat rekan kerja baru, Will (Chris Pine) yang baru pertama kali memulai pekerjaannya sebagai kondektur. Keduanya membawa kereta barang yang berada pada jalur yang sama dengan kereta tak bermasinis. Sementara berbagai usaha dilakukan oleh perusahaan pemilik kereta tersebut, Frank yang tidak yakin usaha itu akan berhasil memutuskan untuk menghentikan kereta liar itu dari kereta yang berbeda. Sementara itu, kereta tak bermasinis itu terus melaju menuju Stanton, sebuah kota yang padat penduduk.


Review : Unstoppable sebuah film karya Tony Scott yang juga membuat Taking Pelham sebuah film yang memiliki setting yang mirip yaitu di atas kereta. Unstoppable cukup menjanjikan dengan memberikan ketegangan sepanjang film layaknya kita yang berada di atas kereta tersebut. Dua pemeran utama film ini yang mungkin sudah tidak asing lagi keterlibatan mereka dalam film-film penuh aksi yaitu Denzel Washington dan Chris Pine. Dimana keduanya berperan sebagai masinis kereta yang berusaha menghentikan kereta liar tersebut. Pastinya banyak yang membandingkan film ini dengan Taking Pelham 123, mengingat sutradara kedua film tersebut sama dan setting yang hampir mirip. Tapi Unstoppable jauh lebih baik dibandingkan Taking Pelham, lebih tegang, lebih penuh aksi dan lebih seru pastinya.

Ketegangan pun dimulai sejak awal film, ketika bagaimana kereta tak bermasinis itu lepas kendali dan ketika kereta itu berpapasan dengan sebuah kereta yang membawa rombongan anak sekolah, seakan-akan kita dibuat menahan nafas sejenak. Semakin jauh film berjalan semakin tegang pula kita dibuatnya, usaha untuk menghentikan kereta serta aksi Denzel dan Chris di atas kereta semakin menambah ketegangan. Di luar semua ketegangan yang disajikan, Unstoppable juga dibumbui oleh sedikit drama, latar belakang kehidupan Frank dan Will diceritakan di sini. Walaupun itu cuma sekilas saja tapi cukup memberikan waktu untuk menghela nafas sejenak dari ketegangan yang ada.

Bila kita membandingkan Unstoppable dengan film sejenis seperti Speed 1 dan 2 tentunya film ini masih lebih baik dibandingkan keduanya. Kombinasi antara Taking Pelham dengan Speed justru memberikan hasil yang lebih memuaskan. Dengan segala elemen ketegangan yang ada dalam film ini, Unstoppable mungkin menjadi salah satu film breathtaking tahun ini. Jadi, bersiaplah untuk merasakan ketegangannya.


RATE : 4/5

0 comments:

Post a Comment