The Social Network (2010)


Story : Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa universitas harvard memiliki ide untuk membuat sebuah website dengan mencuri data para mahasiswi dari jaringan harvard. Sebuah situs bernama FaceMash.com menarik para mahasiswa membuat jaringan harvard down. Ia pun mendapat hukuman berupa 6 bulan masa percobaan, tapi apa yang ia lakukan justru menarik perhatian Cameron dan Tyler Winklevoss yang kemudian mengajaknya untuk bergabung bersama mereka membuat Harvard Connection. Pada saat yang bersamaan, Mark bersama Eduardo Saverin membuat suatu situs lain yang mereka beri nama TheFacebook yang menjadikan mereka terkenal di kampus dan membuat Winklevoss bersaudara marah karena Mark dianggap mencuri ide mereka. Dari sinilah perseteruan mereka dimulai dan bagaimana TheFacebook berkembang menjadi situs besar seperti saat ini.


Review : Tentunya siapa yang tidak tahu Facebook, sebuah situs pertemanan yang sedang booming saat ini. Tapi berapa orang yang tahu bagaimana Facebook berdiri dan apa saja yang terjadi dibalik sejarah situs ini. The Social Network menceritakan konflik yang terjadi dibalik sejarah Facebook berdiri, serta menceritakan bagaimana Mark Zuckerberg bisa menemukan Facebook dan membangunnya menjadi sebuah situs yang besar. Kali ini David Fincher yang pernah sukses menyutradarai Seven duduk sebagai sutradara film ini, sedangkan Screenwriter ditangani oleh Aaron Sorkin. Fincher menggaet Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg dan Andrew Garfield sebagai Eduardo Saverin serta penyanyi Justin Timberlake sebagai Sean Parker. The Social Network menyajikan sebuah screenplay yang sangat menarik dengan perpaduan cerita antara masa lalu dengan masa kini, Fincher berhasil menggabungkan keduanya dengan baik dan sangat halus, cukup membuktikan bagaimana skenario film ini ditulis dengan cukup matang. Dialog yang disajikan pun terlihat cukup cerdas, membuat film yang berdurasi sekitar 2 jam ini menjadi tetap asik untuk dinikmati. Sedikit joke yang diselipkan disela-sela percakapan pun membuat film yang didominasi oleh pembicaraan ini menjadi tidak membosankan.

Dari jajaran cast sendiri, setiap pemain cukup berhasil memainkan peran beserta karakternya masing-masing. Eisenberg memerankan Mark dengan sangat baik. Dengan karakter yang serius terlihat cukup natural. Andrew Garfield menggambarkan Eduardo sebagai seorang yang ambisius namun lebih mementingkan egonya sendiri. Di sisi lain Justin Timberlake dengan gayanya sendiri cukup berhasil memerankan Sean Parker. Sementara Winklevoss bersaudara digambarkan sebagai seorang yang ambisius. Setiap karakter melengkapi The Social Network sebagai sebuah film yang ambisius dan penuh makna. Perjalanan seorang mahasiswa biasa dengan kemampuan luar biasa menjadi salah satu milyuner, serta menunjukkan bahwa "Money is The Root of Evil"

Akhir Kata, The Social Network merupakan sebuah film biopic yang tertata dengan rapi mulai dari awal hingga akhir menjadikannya sebagai suatu tontonan yang menarik dan dengan script yang matang serta dialog yang cerdas membuat 2 jam menonton film ini terasa lebih bernilai. Oscar? Umm... Maybe.


RATE : 4.5/5

0 comments:

Post a Comment