The Last Exorcism (2010)

Labels: ,


Story : Marcus Cotton, seorang pendeta yang berprofesi sebagai exorcist atau pengusir iblis mendapat tugas dari keluarga Sweetzer. Louis Sweetzer beserta kedua anaknya Caleb dan Nell, bermasalah dengan hewan ternaknya yang menghilang setiap malam. Louis menyangka ada sesuatu dengan Nell. Cotton pun melakukan Exorcist terhadap Nell. Namun apa yang terjadi selanjutnya diluar perkiraan mereka. Kondisi Nell malah semakin memburuk, hingga Louis meminta Marcus untuk melakukan Exorcist untuk kedua kalinya.


Review : Tentunya The Last Exorcism merupakan salah satu film horor yang ditunggu. Beberapa film bertema Exorcism sebelumnya, selalu menghadirkan nuansa horor yang baik walau terkadang lemah dalam cerita. The Last Exorcism menggunakan setting mockumentary yang akhir-akhir ini sedang banyak digunakan oleh film-film horor. Sebut saja .rec, Paranormal Activity, sebuah horor Jepang Noroi atau film Indonesia Keramat. Beberapa film tersebut memang terbukti cukup baik dalam menerapkannya, menambah nuansa horor di dalam film. Tapi apakah The Last Exorcism berhasil seperti film-film tersebut? Jawabannya adalah tidak. Memang dari sisi mockumentary, penyajiannya sudah cukup baik. Semua terkesan mengalir secara natural, mulai dari penceritaan sampai pengambilan gambar oleh kamera. Tapi jika melihat sisi horor film ini, nuansa horor yang disajikan sangatlah kurang. Akibat terlalu banyak bagian yang lebih mengedepankan sisi dokumenter membuat cerita terkesan terlalu dipanjangkan sehingga mengurangi porsi horornya, mungkin kurang dari setengah dari film saja.

Di luar dari cerita dan nuansa horor yang masih kurang, yang patut diacungi jempol adalah akting para pemainnya. Mereka berhasil memerankan karakternya masing-masing dengan baik. Bahkan Ashley Bell yang berperan sebagai Nell cukup baik memberikan kesan Nell sebagai seorang gadis yang mengalami masalah mental. Hal kedua yang menjadi pembahasan di sini adalah perkembangan masing-masing karakter. Mulai dari Marcus yang pada awalnya adalah seorang pendeta yang tidak percaya akan hal-hal gaib menjadi seorang yang benar-benar religius dan semua itu mengalir begitu saja sejalan dengan berjalannya cerita.

Secara keseluruhan, The Last Exorcism merupakan sebuah film mockumentary yang baik, tapi kurang memuaskan sebagai film horor yang pastinya membuat kecewa para pecinta horor yang telah setia menunggu kehadirannya. Pastinya Eli Roth telah gagal mengemas horor ala Exorcism menjadi sebuah film mockumentary.


RATE : 3.5/5

0 comments:

Post a Comment