The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2 (2012)

Labels: ,


Menutup sebuah saga Twilight, Breaking Dawn yang merupakan bagian akhir dari tetralogi Twilight Saga dibagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama yang menceritakan pernikahan Bella Swan dengan Edward Cullen hingga kehamilan dan kelahiran anak setengah manusia setengah vampir. Dimana pada bagian pertama ini lebih menekankan sisi drama dan pengembangan beberapa karakter penting sebelum mencapai tingkat akhir dari franchise Twilight.

Bagian kedua ini melanjutkan apa yang terjadi pada bagian pertama dimana Bella (Kristen Stewart) setelah melahirkan diubah menjadi vampir oleh Edward (Robert Pattinson) agar ia bisa tetap hidup. Dengan kehidupan barunya sebagai vampir, Bella harus membiasakan dirinya dengan memburu mangsa demi setetes darah dan juga menahan nafsunya terhadap darah manusia dan perubahan menjadi vampir ini juga menjadikan Bella yang terkuat di antara vampir keluarga Cullen. Sementara itu, anak Bella dan Edward yang baru lahir Renesmee mengalami pertumbuhan dengan cepat dan Volturi yang menganggap Renesmee adalah "Immortal Child" menyatakan keluarga Cullen telah melanggar peraturan dan mereka harus dihakimi.


Fokus cerita pada bagian kedua ini adalah Renesmee, anak dari pasangan Edward dan Bella, selain itu ada beberapa karakter baru yang diperkenalkan satu per satu. Karakter baru ini bukanlah hanya sekedar tempelan, tapi satu per satu coba digali baik latar belakang mereka maupun kekuatan masing-masing. Berbicara tentang Bella yang telah berubah menjadi vampire, dalam bagian awal dari Breaking Dawn Part 2 ini menegaskan bagaimana seorang Bella dengan kekuatan barunya dan bila dibandingkan dengan Bella yang dulu, kali ini karakter Bella lebih ter-eksplor dengan baik, hanya lebih baik tapi bukan berarti yang terbaik.

Tentunya tidak mudah bagi Bill Condon sebagai sutradara bagian akhir dari Twilight Saga untuk menutup franchise ini dengan baik. Bagian pertama dari Breaking Dawn yang terasa datar tanpa pengembangan karakter yang baik membuat penikmat franchise ini menaruh harapan pada Breaking Dawn Part 2. Tetap menyajikan romansa cinta yang dinanti penonton remaja tapi tak membuat Breaking Dawn Part 2 sepenuhnya membosankan di paruh pertama film ini. Beberapa adegan dan dialog yang dibumbui lelucon pada akhirnya bisa membuat penonton tersenyum simpul bahkan tertawa.


Memasuki paruh kedua hingga ke akhir film merupakan bagian paling menarik dalam Breaking Dawn Part 2. Dalam sekejap Bill Condon mengubah genre drama menjadi total action film. Apalagi kalau bukan kontra antara dua kubu vampire yang mendukung keluarga Cullen ditambah kumpulan werewolf berhadapan dengan kelompok Volturi. Menutup film ini, Breaking Dawn Part 2 memberikan sebuah sajian manis yang akan menjadi kenangan penikmat franchise ini, sebuah ending credit yang diiringi lagu A Thousand Years dari Christina Perri menjadi persembahan terakhir franchise ini.

Menutup Twilight Saga, Breaking Dawn Part 2 menjadi sebuah film yang dicintai dan juga dibenci. Dicintai bagi mereka penikmat franchise ini atau mereka yang sekedar menjadi penikmat film, dibenci bagi para fans berat Twilight karena mereka harus berpisah dengan Edward, Jacob dan juga Bella. Namun pada akhirnya seorang Bill Condon berhasil membuat Breaking Dawn Part 2 bisa menjadi yang terbaik dari seri Twilight sekaligus menutup perjalanan panjang franchise ini. Jadi, saatnya mengucapkan salam perpisahan pada Bella, Edward dan Jacob.


RATE : 3 / 5

1 comments:

  1. nice review, btw, film ini emang berbeda dari film2 sebelumnya.

    boleh tukar link gak ? http://seputarmovies.blogspot.com/

Post a Comment