Seven Something (2012)

Labels: ,


Ada pernyataan menarik tentang planet Uranus, yang jelas ini bukan berhubungan dengan alien atau sejenisnya, melainkan tentang astrologi yang katanya bentuk Uranus berubah setiap 7 tahun. Nah, katanya setiap 7 tahun ini berhubungan dengan kehidupan manusia dimana dalam 7 tahun akan ada perubahan. Contohnya ketika berumur 14 tahun seseorang jatuh cinta pada pertama kalinya dan seterusnya. Seven Something, film produksi rumah studio GTH menceritakan tentang kehidupan percintaan manusia di umur kelipatan 7 tersebut. Film yang dirilis dalam memperingati ulang tahun studio GTH yang ke-7 ini terdiri dari 3 film pendek. Masing-masing film pendek bercerita menggambarkan pengalaman cinta di umur kelipatan 7, ketiga cerita itu adalah "14", "21/28" dan "42.195".

Film pertama yang berjudul "14" dibintangi oleh Jirayu La-ongmanee dan Sutatta Udomslip dan disutradarai Paween Purijitpanya. Jirayu sendiri sudah sering kita saksikan di berbagai film produksi GTH dan Sutatta Udomslip yang dikenal dengan PunPun pernah berperan dalam LaddaLand. Film pertama ini membawa anda ke percintaan anak remaja dimana mereka baru mulai beranjak dewasa atau puber. Bercerita tentang 2 anak remaja Puan dan Milk. Puan adalah seorang anak lelaki yang gemar bermain dengan social media seperti facebook, selain itu ia juga gemar berfoto dan membuat video dari kamera dan ponselnya. Ketika mulai menjalin hubungan dengan Milk, Puan masih gemar mengupdate status facebook-nya serta mengambil foto dan video dengan Milk sebagai modelnya. Video yang diambil oleh Puan pun dimuat dalam youtube dan hal inilah yang mengubah hubungan mereka.


Cerita pertama ini bisa dibilang yang paling 'rame' dan berwarna bila dibandingkan dengan dua cerita lainnya, sama seperti kisah cinta remaja yang berwarna. Dalam menggambarkan cerita pertama ini, anda akan dibawa ke kehidupan remaja pada umumnya yang masih labil dan 'tampil' di social media. Uniknya bagaimana Paween membawa penontonnya adalah kita akan dibuat bermain-main dengan teknologi. Bisa dibilang gambar-gambar yang disajikan bahkan lebih menarik dibandingkan kisah cinta mereka, namun tetap saja kisah cinta remaja ini bisa menyentuh anda.

Beranjak dari kisah pertama, kisah kedua kali ini membawa anda ke kehidupan cinta yang lebih dewasa. Kisah yang berjudul "21/28" membawa ke dalam kisah cinta dewasa yang lebih rumit. Kali ini disutradarai oleh Adisorn Tresirikasem dan diperankan oleh Cris Howrang sebagai Mam dan Sunny Suwanmethanont sebagai Jon. Untuk peran Jon ini, Sunny diharuskan menaikkan berat badannya agar sesuai dengan kebutuhan perannya. Cerita kedua ini mengisahkan kisah cinta Jon dan Mam yang diawali sejak mereka berperan bersama dalam film Sea You. Namun apa daya kecemburuan Jon pada Mam yang semakin terkenal sebagai artis karena berperan dengan pria lain membuat hubungan mereka harus berhenti.


7 tahun berselang sejak perpisahan mereka, Jon yang kini bekerja di Siam Ocean World didatangi oleh Mam yang memintanya untuk bermain bersama di sekuel Sea You. Pertanyaannya apakah Jon bersedia kembali berperan bersama Mam di sekuel film mereka? Apakah dengan bertemu kembali mereka bisa saling mencintai lagi? Mungkin banyak yang pernah mengalami kisah cinta yang dialami oleh Jon dan Mam. Berpisah kemudian bertemu kembali dengan mantan pasangan kita lalu ada kemungkinan mengenang masa-masa indah dahulu bahkan bersatu kembali. Menariknya cerita kedua ini adalah bagaimana Adisorn menggabungkan gambaran masa lalu hubungan Jon dan Mam dengan masa kini, seolah membawa penonton larut untuk menelusuri lebih dalam kisah cinta mereka.


Cerita terakhir yang berjudul "42.195" mengkisahkan seorang wanita yang diperankan oleh Suquan Bulakul yang bertemu dengan seorang remaja yang menabraknya ketika remaja tersebut berlatih maraton di taman. Remaja ini diperankan oleh salah satu anggota boyband 2PM asal Thailand yaitu Nichkhun Horvejkul. Cerita ketiga disutradarai oleh Jira Maligool. Kali ini menggambarkan hubungan yang lebih rumit, yaitu kisah cinta antara usia yang jauh berbeda. Sang wanita yang baru saja ditinggal suaminya meninggal ini sudah menginjak usia 42 tahun. Bisa dibilang ini merupakan puber kedua bagi wanita tersebut. Lalu apa makna sebenarnya dari kisah ini? Dalam cerita ketiga ini digambarkan kedua orang pria dan wanita ini sedang dalah tahap "move on" alias berubah menjadi diri yang berbeda. Dan dengan lari maraton Jira menggambarkan bagaimana kedua orang ini bisa menjadi pribadi yang baru. Dan dalam kisah ketiga ini, dilatari oleh narasi seorang wanita yang menuntun penonton ke dalam cerita.

Secara keseluruhan Seven Something menghadirkan cerita yang tak kalah menarik bila dibandingkan dengan film romantis Thailand lainnya. Walau dari segi komedi memang tak banyak yang disajikan mengingat film ini lebih fokus pada pembangunan karakter dan kisah cinta di masing-masing cerita. Masing-masing cerita juga memiliki keunikan tersendiri, seperti pada "14" dengan visual yang menarik, kemudian "21/28" dengan alur paralelnya dan "42.195" dengan narasi yang menuntun penontonnya. Menariknya lagi bila anda merupakan penggemar film Thailand terutama produksi studio GTH, anda akan menemukan cameo dari banyak artis yang pernah berperan dalam film-film mereka. Coba anda temukan siapa saja mereka?


RATE : 3.5 / 5

0 comments:

Post a Comment