Snow White and the Huntsman (2012)

Labels: , ,


Siapa yang tidak mengenal dongeng Snow White, dongeng tentang seorang putri seputih salju dan ibu tirinya yang jahat yang memiliki cermin ajaib serta 7 kurcaci yang bersama dengan Snow White. Dongeng ini diangkat oleh Rupert Sanders dalam Snow White and the Huntsman. Tapi jangan berharap anda akan menemukan cerita Snow White sepert yang ada dalam dongeng. Di sini Rupert mengangkat Snow White terlihat lebih dewasa dan kuat layaknya wanita petarung lainnya. Kisah Snow White berawal ketika seorang Ratu terluka jarinya ketika menyentuh setangkai mawar di musim salju. Ratu itu melahirkan seorang anak yang kulitnya seputih salju, bibirnya semerah mawar dan rambut yang hitam yang bernama Snow White. Sang ratu meninggal dunia membawa kesedihan bagi sang raja yang akhirnya menemukan seorang wanita dan menjadikannya Ratu. Sayangnya wanita jahat itu membunuh sang raja dan mengambil alih tahta serta mengurung Snow White di sebuah menara di kastil tersebut.


Snow White yang beranjak dewasa kecantikannya mungkin dapat mengalahkan sang Ratu hingga ia menyuruh seorang pemburu untuk menemukan Snow White yang berhasil lolos dari penjaranya. Di sini bukannya sang pemburu malah membantu Snow White untuk mengambil kembali tahta milik ayahnya dimana dalam perjalanannya Snow White bertemu dengan 7 kurcaci yang nantinya membantu Snow White. Dibintangi oleh Kristen Stewart sebagai Snow White dan Chris Hemsworth sebagai sang pemburu serta Charlize Theron yang memerankan ratu jahat Ravenna.

Kisah Snow White sendiri dalam setahun ini sudah diangkat sebelumnya oleh Tarsem Singh dalam Mirror Mirror. Kedua film ini memang tidak secara murni menangkat kisah Snow White namun melakukan perubahan di sisi cerita. Mirror Mirror mengubah dongeng Snow White menjadi sajian komedi dan Snow White and the Huntsman ini mengubah Snow White menjadi kisah kerajaan yang lebih seru. Bayangkan saja seorang Snow White yang polos dan lugu berubah menjadi wanita petarung yang kuat dan siap mengambil kembali tahta kerajaannya. Dalam Snow White and the Huntsman, Rupert Sanders akan membawa penontonnya ke dalam dunia Snow White penuh dengan petualangan. Perjalanan Snow White bersama sang pemburu dan 7 kurcaci ini seakan mengingatkan pada kisah Lord of the Rings Fellowship of the Ring. Apalagi tampilan visual yang disajikan membuat dunia Snow White jauh lebih berwarna dan menarik. Warna warni visualnya memang seolah bisa mengalihkan kebosanan daripada beberapa bagian cerita yang terkesan tidak penting.

Sebagian besar orang mungkin akan mengingat bagaimana peran Kristen Stewart sebagai Bella Swan dan bila anda mengharapkan penampilan Kristen Stewart yang lebih baik anda tidak akan mendapatkannya di film ini. Apa yang seharusnya ditampilkan seorang Snow White yang berjiwa kuat bagai ksatria tapi yang didapatkan justru Snow White dengan ekspresi yang datar dan seolah mau tak mau. Kristen Stewart masih sangat jauh dari apa yang diharapkan. Untungnya Charlize Theron bisa menutupi keburukan itu, mungkin Theron merupakan ratu terjahat yang pernah ditemui. Penampilannya sebagai Ravenna memang benar-benar memukau. Terlalu banyak karakter di film ini memang seolah menjadi tidak fokus, perkembangan karakter Snow White dan Huntsman yang diperankan oleh Chris Hemsworth masih jauh dari harapan.

Snow White and the Huntsmen menjadi salah satu adaptasi dongeng Snow White dengan improvisasi yang cukup baik. Dibandingkan dengan Mirror Mirror memang film ini seolah bertolak belakang, Mirror Mirror lebih menekankan sisi komedi sedangkan Snow White and the Huntsman lebih menekankan petualangan Snow White yang lebih gelap. Di luar penampilan buruk Kristen Stewart, film ini masih dapat menghibur dengan visualnya yang cantik, seolah mengingatkan kita pada dunia Lord of the Ring.


RATE : 3 / 5

2 comments:

  1. MRPBlog said...:

    Temen gw msih ada lho yg nggak tau Snow White, hehe...

    Tapi gw demen ngliat si Kristen, malah terus terang w nonton ini cuma gara2 ada si Kristen Stewart doank... =D

  1. flik_kenni said...:

    hahaha gw ga suka liat dia di sini, datar banget ekspresinya :|

Post a Comment