Prometheus (2012)

Labels: , ,


Prometheus adalah seorang titan yang diangkat dari mitologi Yunani dan kali ini Prometheus dijadikan nama sebuah kapal luar angkasa dengan misi penelitian ke LV-223. Berawal dari penemuan lukisan di dinding oleh Elizabeth Shaw (Noomi Rapace) dan Charlie Holloway (Logan Marshall-Green) yang menerangkan ada suatu tempat di jauh di sudut luar angkasa sana yang merupakan asal usul umat manusia. Atas dasar ini, Weyland Corp. di bawah Peter Weyland (Guy Pearce) membentuk suatu tim yang terdiri dari ilmuwan-ilmuwan dengan kapal penelitian Prometheus berangkat ke tempat tersebut. Dua tahun perjalanan, akhirnya tim tiba di tempat yang dituju, LV-223 dan di tempat itu mereka menjelajah sebuah bangunan dimana di dalamnya mereka menemukan sebuah patung berbentuk kepala manusia, jasad makhluk asing yang mereka sebut sebagai Engineers dan beberapa tabung aneh. Mulai dari sinilah ancaman terjadi, sebaliknya bukan asal usul manusia yang mereka temukan tetapi jalan menuju pemusnahan manusia.

Prometheus sekilas mengingatkan kita seri Alien yang film pertamanya juga dibuat oleh Ridley Scott bahkan beredar kabar bahwa Prometheus merupakan prekuel dari Alien Saga. Dalam Prometheus, Ridley ditemani oleh Jon Spaihts dan Damon Lindelof sebagai penulis skenario. Jon Spaihts dikenal dalam The Darkest Hours sedangkan Damon Lindelof yang juga menjadi Executive Producer di film ini merupakan penulis di beberapa episode serial Lost.


Kisah Prometheus sendiri berawal dari pencarian asal usul manusia atau mencari siapa pencipta manusia dari premis awal inilah cerita dikembangkan hingga memunculkan banyak misteri, apa, siapa dan darimana. Lalu apa hubungan antara Prometheus dengan Alien? Memang ada beberapa kemiripan antara Prometheus dan Alien, seperti tujuan awal misi tersebut antara Prometheus dan Nostromo, kapal dalam film Alien keduanya memiliki tujuan untuk penelitian. Lalu Elizabeth Shaw yang dalam film ini mengingatkan pada tokoh Ellen Ripley dalam seri Alien. Namun begitu tidak ada hubungan langsung antara Prometheus dan Alien walau bila dikaji lebih jauh Prometheus bisa dibilang merupakan prekuel tidak langsung dari seri Alien.

Dari jajaran cast ada beberapa nama besar seperti Noomi Rapace, Charlize Theron, Michael Fassbender dan beberapa nama lainnya. Noomi Rapace yang dikenal dengan perannya sebagai Lisbeth Salander dalam trilogi Millenium kali ini memegang peran utama dalam film ini sebagai Elizabeth Shaw. Berperan sebagai wanita yang kuat mungkin itu sudah jadi nature seorang Noomi Rapace, setelah Lisbeth Salander menjadi Elizabeth Shaw adalah tantangan Rapace selanjutnya dan kali ini pun ia melakukannya dengan sangat baik, jadi tak salah Ridley memilih Rapace untuk memerankan Shaw. Dalam tim ekspedisi Prometheus sendiri selain manusia, ada seorang android yang ikut serta, yaitu David, android yang dibuat untuk menjalankan kapal selama para kru sedang dalam hypersleep. Michael Fassbender yang berperan sebagai David mungkin adalah android terbaik, bukan terbaik karena lebih canggih tapi Fassbender berhasil membuat seolah dirinya adalah robot. Mulai dari mimik, gaya bicara dan sikap memang terlihat seperti robot dan robot satu ini bisa memiliki perasaan dan mempelajari sifat manusia yang membuat dirinya berkembang seiring berjalannya cerita. Selain dua tokoh yang menonjol tersebut ada tokoh lain seperti Meredith Vicker yang diperankan oleh Charlize Theron dan di sini anda akan melihat versi tua dari Guy Pearce yang berperan sebagai Peter Weyland.

Dengan teknologi yang ada saat ini, jelas Ridley Scott memiliki kemampuan untuk menghadirkan sisi visual yang memukau. Dalam layar IMAX, Prometheus akan membawa anda ke dalam petualangan luar angkasa yang menakjubkan. Walaupun banyak beredar bahwa Prometheus merupakan prekuel dari Alien, namun tidak memiliki hubungan secara langsung dengan Alien, walau begitu film ini tetap mampu menghadirkan sisi thrill yang hampir sama dengan Alien, walaupun tujuan mencari 'sang pencipta' itu bisa dikatakan terlalu berlebihan. Mungkin bila pemikiran film ini adalah prekuel Alien itu dibuang jauh-jauh dan menempatkan Prometheus sebagai film tersendiri, bisa dibilang Prometheus adalah dimulainya Alien Saga yang baru dengan Elizabeth Shaw sebagai Ellen Ripley dan Noomi Rapace adalah Sigourney Weaver di era saat ini.


RATE : 4 / 5

1 comments:

  1. Anonymous said...:

    Pada akhir film, ada janin alien yang keluar dari tubuh yang bentuknya mirip sekali dengan alien di film Alien dan Alien Ressurection.

Post a Comment