Men in Black III (2012)

Labels: ,


10 tahun bukanlah waktu yang sebentar apalagi untuk sebuah sekuel film, sejak dirilisnya seri kedua Men in Black pada tahun 2002 kemudian baru pada tahun 2012 ini bisa terwujud untuk merilis seri ketiganya. Dalam film ketiganya ini, Men in Black III masih ditangani oleh Barry Sonnenfeld, sutradara yang juga membesut 2 film pertama Men in Black. Masih dibintangi oleh 2 aktor utamanya Will Smith dan Tommy Lee Jones yang masing-masing berperan sebagai Agent J dan Agent K. Dalam film ketiga ini, selain dua aktor tersebut ditambah satu aktor lagi yaitu Josh Brolin yang memerankan Agent K saat masih muda.


Misi kali ini adalah MIB menyelamatkan Bumi dari invasi besar-besaran makhluk asing akibat tidak adanya ArcNet, jaringan yang dipasang oleh Agent K di masa lalu untuk melindungi Bumi. Film dibuka dengan bebasnya Boris the Animal (Jemaine Clement) dari penjara alien Lunar Max di Bulan. Boris berencana untuk pergi ke masa lalu untuk membalas dendam pada K yang telah menghilangkan sebelah tangannya saat menangkapnya dulu. Boris yang berhasil membunuh K mengubah masa depan, J yang menemukan K telah terbunuh 40 tahun lalu tidak ikut dalam pergeseran waktu sehingga hanya dirinya yang sadar bahwa seharusnya K masih hidup. Atas petunjuk dari Agent O (Emma Thompson), Agent J harus kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan Agent K dan mengaktifkan ArcNet agar bisa melindungi Bumi di masa depan dari invasi alien.


Rentang waktu yang cukup lama bukan berarti membuat kita melupakan aksi dua agen MIB ini di dua film sebelumnya. Agent J dengan tingkah laku konyolnya dan Agent K yang terlihat dingin saat beraksi membasmi makhluk asing dan yang menjadi icon dari MIB adalah Neuralyzer, alat yang digunakan oleh agen MIB pada warga biasa untuk menghilangkan ingatan mereka apabila mereka melihat alien. Bagi Tommy Lee Jones yang berperan sebagai Agent K, usia mungkin menjadi suatu masalah. 10 tahun berselang dari film kedua membuat usianya yang sudah tidak muda lagi dan aksi-aksi seperti di 2 film sebelumnya belum tentu bisa ia lakukan. Mungkin inilah yang membawa setting cerita MIB III pindah ke masa lalu dengan karakter yang sama tapi lebih muda yang diperankan oleh Josh Brolin.

Tidak mudah bagi Josh Brolin untuk meniru bagaimana Tommy Lee Jones memerankan karakter Agent K. Karakter Agent K memang sudah identik dengan Tommy Lee Jones setelah dua film sebelumnya dan Josh Brolin mendapat tantangan untuk memerankan versi yang lebih muda. Usaha keras Josh Brolin pun membuahkan hasil, ia cukup berhasil menciptakan Agent K yang lebih muda, dengan gaya dan mimik muka yang cukup mirip bila dibandingkan dengan Agent K yang diperankan Tommy Lee Jones. Dibanding dengan 10 tahun lalu dimana teknologi 3D dan IMAX belum banyak diterapkan pada film Hollywood, kali ini MIB 3 tak berbeda dengan film lainnya yang memanfaatkan teknologi ini, selain untuk menambah visualnya juga untuk memaksimalkan pendapatan yang diraih dari box office.

Dibandingkan dua film pendahulunya, Men in Black III bisa dikatakan lebih baik. Tetap pada joke yang menghibur tapi dengan bobot cerita yang lebih, berterima kasihlah pada seorang Etan Cohen yang menulis naskah film ketiga ini dengan memberikan bukan sekedar menghibur tapi juga memiliki sesuatu yang lebih bermakna. Dan usaha seorang Josh Brolin yang menjadi pendatang baru di film ini walaupun bukan memerankan karakter yang baru patut diacungi jempol. Akhir kata, MIB III akan membawa penontonnya kembali ke dunia alien, bernostalgia dengan Agent K dan Agent J serta neuralyzer.


RATE : 3.5 / 5

2 comments:

  1. MRPBlog said...:

    Wah, gw nonton 3D-nya keren bro, banyak objek yang keluar layar gitu.. And si Josh Brolin kacau banget udah kayak ngliat Tommy Lee Jones muda, udah gitu suaranya kok mirip banget yak? :D


    Oh ya bro, tukeran link yuk, w udah taro link Blog ini ya di Blog gw, Thx :)

    http://moviereviewandpreview.blogspot.com/

  1. flik_kenni said...:

    agree, Josh Brolin emang bener2 versi mudanya Tommy Lee Jones, dari mimik muka sampe gaya2 mirip bener. Wah 3D-nya belum sempat, mungkin nanti mau coba nonton sekalian di IMAX.

Post a Comment