The Woman in Black (2012)

Labels: ,


Arthur Kipps (Daniel Radcliffe) seorang pengacara yang sedang bermasalah dalam hidupnya. Setelah kehilangan istrinya, ia juga memiliki masalah keuangan dan pekerjaannya sebagai pengacara. Ia pun ditugaskan untuk menangani sebuah rumah yang dikenal dengan Eel Marsh House. Demi mengembalikan reputasinya di tempat ia bekerja, Arthur harus berangkat ke sebuah desa tempat rumah itu berada. Berangkat ke desa tersebut, Arthur tidak diterima dengan baik di sana walau begitu ia mengenal dekat dengan Sam Daily (Ciarán Hinds) yang ia kenal di kereta dalam perjalanan ke desa tersebut. Penduduk desa itu selalu mengingatkan Arthur untuk tidak pergi ke rumah itu, meskipun ia bersikeras untuk pergi dan mengambil dokumen-dokumen yang ada di rumah itu. Saat berada di rumah itu yang ditemuinya adalah suara-suara aneh dan seorang wanita dengan gaun hitam dan semenjak itulah kejadian aneh kembali terjadi di desa tersebut, satu per satu anak dari penduduk desa bunuh diri. Walaupun ini bukan untuk pertama kalinya, Arthur harus mengungkap misteri ini sebelum anaknya turut menjadi korban "The Woman in Black".


Masih ingatkah bagaimana Insidious dari sutradara James Wan cukup berhasil menakuti para pecinta film horor tahun lalu dengan horor rumah hantu klasiknya? Nah kali ini giliran James Watkins dengan The Woman in Black. James Watkins sendiri bisa dikatakan sudah cukup berpengalaman dalam film horor. Beberapa kali ia terlibat dalam produksi film horor seperti sebagai asisten sutradara sekaligus penulis skenario dalam The Descent Part 2 dan menjadi sutradara dalam Eden Lake. Dalam The Woman in Black, James Watkins membawa penontonnya ke dalam sebuah urban legend tentang seorang wanita dengan gaun hitam yang mengutuk desa tersebut sehingga anak-anak penduduk desa mati dengan cara bunuh diri. Dari segi tokoh, James Watkins memilih Daniel Radcliffe untuk memerankan tokoh Arthur Kipps, seorang pengacara yang ditugaskan ke desa itu untuk mengurus sebuah rumah yang akan dijual.

Bagi pecinta Harry Potter pasti tahu siapa Daniel Radcliffe. Ia adalah sang Harry Potter itu sendiri dalam 8 film Harry Potter. Tentunya sosok Harry Potter sendiri sudah sangat melekat pada diri Daniel Radcliffe dan kali ini ia dituntut untuk memerankan karakter yang berbeda dan juga sebagai seorang ayah. Namun apa daya, sosok Harry Potter memang sulit lepas dari dirinya bahkan seolah seperti memindahkan seorang Harry Potter dari dunia sihir ke dunia penuh misteri The Woman in Black, apalagi tuntutan ia sebagai seorang ayah di sini tidak cocok dengan usianya yang masih muda. Lalu apa yang ditawarkan oleh James Watkins dengan The Woman in Black ini? Tidak berbeda dengan horor urban legend lainnya, film ini membawa penontonnya ke kisah hantu klasik yang tak luput dengan gaya British-nya. Yang menarik adalah bagaimana pengambilan gambar saat berada di rumah Eel Marsh tersebut. Dengan properti yang ada seperti mainan-mainan dengan bentuk yang menyeramkan ditambah scoring yang mendukung bagaimana kengerian yang dialami oleh Arthur Kipps.

The Woman in Black bisa jadi merupakan usaha yang cukup baik dari seorang James Watkins, cukup menyeramkan walaupun belum mampu menandingi Insidious atau horor sejenis lainnya. Lalu bagaimana sosok Harry Potter masih belum bisa keluar dari diri seorang Daniel Radcliffe. Walau begitu The Woman in Black bisa jadi salah satu pilihan bagi pecinta film horor untuk memenuhi kebutuhan hadirnya film horor di tengah makin sedikitnya film dengan genre ini yang bisa benar-benar memenuhi ekspektasi pecinta horor.


RATE : 3 / 5

0 comments:

Post a Comment