The Lorax (2012)

Labels:


Kehidupan yang indah dan bahagia mungkin itulah yang terlihat dari warga Thneedville. Tapi siapa sangka dibalik kebahagiaan warga Thneedville tersimpan masalah lingkungan yang menyelimuti kota tersebut. Mulai dari air yang tercemar bahan kimia hingga udara di kota yang sudah tidak bersih lagi. Walaupun masalah udara bersih bisa diatasi dengan suplai udara bersih dari perusahaan milik O'Hare, tapi bisa dibayangkan sebuah kota tanpa pepohonan dan pepohonan yang mereka gunakan adalah pohon buatan. Bagi Ted (Zac Efron) bisa menemukan dan melihat langsung pohon asli yang tumbuh dari tanah adalah salah satu impiannya demi mendapatkan Audrey (Taylor Swift) gadis yang ia suka. Untuk menemukan pohon yang asli, sang nenek memerintahkan Ted untuk menemui Once-ler (Ed Helms). Ted pun bertemu dengan Once-ler yang kemudian bercerita kisah gelap kehidupannya yang menyebabkan pepohonan di daerah itu hilang. Once-ler memerintahkan Ted untuk kembali padanya di kemudian hari untuk melihat keseriusan Ted dan berharap Ted bisa mengembalikan semuanya dan The Lorax. Walau begitu Ted mendapat masalah dari O'Hare yang tidak menginginkan kembalinya pohon di kota itu.

 
The Lorax diadaptasi dari buku anak yang ditulis Dr. Seuss dan disutradarai oleh Chris Renaud yang pernah juga menyutradarai Despicable Me. Illumination Entertainment, studio animasi yang juga membuat Despicable Me kali ini kembali bekerja sama dengan Universal Pictures dalam film ini dan menjadi film ketiga mereka setelah Despicable Me dan Hop. Duet ini seakan mengingatkan pada Disney dan Pixar yang sudah menghasilkan banyak film. Kali ini hasil animasi dari Illumination tetap memuaskan dan mereka tetap menghasilkan animasi yang benar-benar memanfaatkan teknologi 3D seperti yang sempat dilakukan pada Despicable Me. Hasilnya animasi 3D yang eye-popping akan memanjakan mata bagi anda yang mengharapkan kualitas 3D yang maksimal. Menariknya dalam The Lorax disajikan beberapa adegan yang akan membawa penontonnya seakan menaiki apa yang dinaiki sang tokoh dalam adegan tersebut dan pastinya dengan animasi 3D akan membuatnya semakin menarik.

Masih ingat dengan karakter minion di Despicable Me? Nah kalau di The Lorax punya karakter hewan-hewan lucu penghuni hutan Truffula. Ada tiga ikan lucu yang pandai bernyanyi, beruang coklat gemuk yang gemar makan, atau beruang kecil "Pipsqueak" yang lucu dan masih banyak hewan lucu lainnya yang adorable. Selain itu tidak lupa The Lorax yang diisi suaranya oleh Danny DeVito menjadi ikon film ini dengan kelucuannya. Dari segi cerita memang tidak ada yang spesial dari The Lorax ini, begitu juga dengan joke yang dihadirkan mungkin terkesan membosankan bagi sebagian besar penonton. Tapi bagi anak-anak justru banyak pesan moral yang ditawarkan dan juga kelucuan yang ditampilkan bisa membuat anak-anak melepas tawa dengan film ini. Mungkin segmentasi film ini seperti awalnya yang memang ditujukan untuk anak-anak.

Pada akhirnya, The Lorax yang digarap oleh Chris Renaud ini merupakan film yang ditujukan untuk anak-anak. Kalau memang anda mencari film yang bisa menghibur sekaligus ada pesan moral di dalamnya, tentu The Lorax merupakan pilihan yang tepat. Siapa tau keinginan untuk menjaga kelestarian alam dengan menjaga pepohonan dan tanpa merusak hutan agar terjaga ekosistemnya bisa dibangkitkan dalam diri anak anda dengan menonton film ini. Akhir kata The Lorax adalah film yang pantas untuk anak-anak.


RATE : 3 / 5

0 comments:

Post a Comment