Rio (2011)

Labels: , ,


Blu (Jesse Eisenberg) adalah seekor burung Spix's Macaw. Bertahun-tahun sudah Blu menemani Linda (Leslie Mann) yang menemukannya di dalam kotak yang terjatuh dari sebuah truk yang membawa burung-burung liar yang ditangkap secara ilegal untuk diperjualbelikan. Selama tinggal bersama Linda, Blu tidak pernah keluar dari rumah ataupun kadangnya selayaknya burung-burung lainnya. Hal inilah yang membuat Blu tidak bisa terbang. Suatu waktu, Tulio (Rodrigo Santoro), seorang ornithologist dari Brazil  datang kepada Linda dan Blu lalu mengatakan bahwa Blu adalah pejantan terakhir dari spesiesnya. Untuk tetap menjaga kelangsungan spesiesnya, Blu akan dikawinkan dengan seekor betina yang berada di Rio de Janeiro, Brazil. Pada awalnya Linda menolak karena ia tidak mau dipisahkan dengan Blu yang telah menemaninya selama 15 tahun. Tapi demi kebaikan Blu juga, akhirnya Linda pun menyetujuinya.


Blu bersama Linda dan Tulio kemudian bertolak ke Rio de Janeiro, Brazil. Di sebuah konservasi burung milik Tulio, Blu dipertemukan dengan Jewel (Anne Hathaway), seekor betina dari spesies Spix's Macaw. Alih-alih mengawinkan mereka berdua, Jewel malah menyerang Blu dan hanya mementingkan bagaimana caranya agar bisa keluar dari tempat itu. Sayangnya mereka berdua oleh Fernando (Jake T. Austin) yang dibantu oleh Nigel (Jemaine Clement), seekor kakatua jahat yang berpura-pura sakit agar bisa menyusup ke konservasi tersebut. Fernando membawa mereka berdua ke sekelompok penyelundup untuk dijual. Blu dan Jewel yang akhirnya berhasil lolos dari tempat tersebut, sayangnya ketidakmampuan Blu untuk terbang memberikan masalah bagi mereka. Blu dan Jewel pun memulai petualangan mereka di Rio bertemu dengan hewan-hewan lain yang membantu mereka agar bisa bebas dari kejaran Nigel dan pembantu-pembantunya.

Rio diproduksi oleh Blue Sky Studio, studio animasi yang telah sukses menelurkan seri Ice Age. Dalam Rio, bertindak sebagai sutradara adalah Carlos Saldanha, seorang sutradara kelahiran Rio de Janeiro, Brazil yang menghasilkan dua karyanya Ice Age 2: The Meltdown dan Ice Age 3: Dawn of the Dinosaurs. Berdasarkan pengalaman dari dua filmnya itulah Carlos berangkat untuk membuat Rio. Dengan konsep cerita yang mirip dengan film-film produksi Blue Sky Studio, kali ini Rio menghadirkan petualangan Blu di Rio de Janeiro. Carlos sendiri mengambil Rio de Janeiro mungkin karena dirinya berasal dari kota tersebut, seolah-olah Carlos ingin memperkenalkan kota tempat kelahirannya tersebut. Terlihat sekali dengan bagaimana ia menggambarkan detail kota Rio dari berbagai sudut, mulai dari patung Cristo Redentor yang cukup terkenal hingga daerah pemukiman kumuh yang ada di Rio ia tampilkan dalam film ini.

Memang dari segi cerita Rio tidak memiliki keistimewaan bahkan bisa dibilang tipikal film animasi petualangan, tetapi urusan visualisasi lain cerita. Rio jauh berkembang dibandingkan film-film produksi Blue Sky Studio sebelumnya. Sepertinya kali ini mereka lebih memperhatikan detail animasi yang mereka buat. Mulai dari detail kota Rio yang hampir mirip dengan aslinya hingga detail masing-masing karakter yang terlihat lebih berwarna. Tidak hanya visualisasi yang memukau, Rio juga didukung oleh musik pengiring yang ciamik. Lagu-lagu yang mengisi film ini pun juga dinyanyikan langsung oleh pengisi suaranya, seperti Jesse Eisenberg atau Anne Hathaway turut bernyanyi dalam film ini. Dengan animasi yang memukau tersebut sayangnya Rio tidak didukung dengan kualitas komedi yang lebih baik atau pun setara dengan film garapan Carlos Saldanha lainnya. Tak seperti seri Ice Age yang hampir selalu mempertontonkan kejenakaannya, Rio tidak memiliki banyak momen-momen tersebut.

Dari segi cerita, Rio memang tidak menghadirkan sesuatu yang baru tetapi film ini bisa memberikan kualitas animasi yang cukup memukau. Keindahan kota Rio de Janeiro yang menjadi latar petualangan Blu dan teman-temannya serta detail masing-masing karakter pastinya akan memanjakan mata siapapun yang menontonnya. Rio juga didukung oleh beberapa nama yang sudah tidak asing lagi seperti Jesse Eisenberg, Anne Hathaway, Will I Am dan beberapa nama lainnya. Walaupun diisi dengan unsur komedi yang masih berada di bawah film produksi Carlos Saldanha lainnya, Rio tetap hadir sebagai salah satu tontonan yang menghibur.


RATE : 3.5 / 5

0 comments:

Post a Comment