7 Hati 7 Cinta 7 Wanita (2010)

Labels: , ,


Penasaran dengan 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita, film yang berhasil masuk ke dalam daftar nominasi penghargaan film di Indonesia seperti Festival Film Indonesia 2010. Tidak hanya satu atau dua nominasi saja yang didapatkan melainkan 6 nominasi sekaligus dalam FFI dan berhasil membawa pulang 1 penghargaan yaitu Pemeran Pendukung Wanita Terbaik yang ditujukan pada Happy Salma. Selain itu film ini juga berhasil meraih 2 penghargaan dalam Indonesia Movie Award 2011 untuk kategori Pendatang Baru Pria Terbaik yaitu Rangga Djoned dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik yaitu Happy Salma. Berangkat dari banyaknya nominasi dan penghargaan yang diraihnya tentunya membuat penasaran seperti apakah film ini. Pemutaran perdana 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita sendiri dilakukan di Melbourne, Australia pada bulan Agustus 2010. Selanjutnya tayang di Balinale Film Festival di Bali pada bulan Oktober 2010 sebelum akhirnya tayang secara reguler untuk masyarakat umum di jaringan bioskop Blitzmegaplex mulai 18 Mei 2011. Hampir satu tahun waktu yang dibutuhkan bagi 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita untuk bisa ditayangkan kepada masyarakat umum.


7 Hati 7 Cinta 7 Wanita bercerita tentang Kartini (Jajang C. Noer), seorang wanita berumur 45 tahun yang berprofesi sebagai dokter kandungan. Kartini sendiri belum menikah karena pengalaman masa lalunya yang membuatnya ragu untuk menikah. Sebagai seorang dokter kandungan, Kartini menghadapi berbagai macam pasien dengan latar belakang yang berbeda. Bahkan terkadang Kartini mengetahui cerita lain wanita-wanita yang menjadi pasiennya. Ada 6 wanita yang menjadi pasien Kartini dan film ini menceritakan latar belakang masalah masing-masing secara flashback dan dinarasikan sendiri oleh Kartini. Wanita pertama adalah Ningsih (Patty Sandya) yang mengharapkan kehadiran seorang anak laki-laki yang kuat dan berpendirian tidak seperti suaminya selama ini yang lemah dan tak berpendirian. Wanita kedua adalah Yanti (Happy Salma) yang bekerja sebagai penjaja seks. Yanti ditemani oleh Bambang (Rangga Djoned) yang menjadi anjelo-nya (antar jemput lonte). Yanti sendiri bermasalah dengan kanker rahimnya yang membuatnya putus harapan untuk hidup, namun dibalik itu Bambang sebenarnya ingin membantunya agar ia terbebas dari penyakitnya tersebut. Wanita ketiga adalah Rara (Tamara Tyasmara) yang masih berumur 14 tahun. Rara masih duduk di bangku kelas 2 SMP dan kini ia hamil akibat perbuatannya dengan Acin (Albert Halim). Wanita keempat adalah Lastri (Tizza Radia) yang sampai saat ini belum hamil, tapi Lastri memiliki Hadi (Verdi Solaiman), suaminya yang sangat setia. Wanita kelima adalah Lili (Olga Lidya), wanita hamil satu ini selalu mendapatkan perlakuan kasar dari suaminya namun Lili selalu menyangkal suaminya melakukan ini dengan sengaja. Wanita keenam adalah Ratna (Intan Kieflie), seorang wanita yang bekerja keras demi mendapatkan uang untuk kelahiran anaknya nanti. Ratna memiliki Marwan (Achmad Zaki) sebagai suaminya yang seringkali pulang larut karena harus lembur dengan pekerjaannya.


Film ini tak hanya bercerita hanya tentang masalah yang dialami keenam wanita tersebut, tetapi juga kehidupan pribadi Kartini. Sebagai seorang dokter Kartini tentunya mempunyai rekan kerja. Dokter Anton (Henky Solaiman), seorang dokter kandungan lain di rumah sakit itu memiliki kedekatan dengan Kartini. Anton selalu mencoba agar Kartini bisa menerimanya, tetapi karena masa lalunya tersebutlah Kartini masih belum bisa menerima Anton. Rumah sakit tempat Kartini dan Anton bekerja pun kedatangan dokter kandungan baru. Dokter Rohana (Marcella Zalianty), dokter baru ini kemudian hadir di antara kehidupan Kartini dan Anton. Kartini mempunyai pandangan tersendiri tentang wanita dan pria dan Rohana pun juga memiliki pandangan lain tentang wanita dan hubungannya dengan pria, siapa yang harus dipersalahkan dalam hubungan pria dan wanita. Dari sinilah mulai memicu konflik baru antara Kartini dan Rohana ketika dua wanita dengan pendapat yang berbeda ini harus bertemu.

7 Hati 7 Cinta 7 Wanita ditulis dan disutradarai oleh Robby Ertanto, seorang sutradara muda. Sebelum membuat film ini, Robby terlebih dahulu terlibat dalam pembuatan anthology horor Takut: Faces of Fear untuk segmen The List dan 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita merupakan feature film pertamanya. Saat tayang perdana di Australia, film ini awalnya berdurasi 125 menit namun saat akan ditayangkan reguler di sini, durasi film ini lebih pendek menjadi sekitar 94 menit saja. Jadi hampir 30 menit bagian dari film yang dipotong. Bagian yang dipotong tersebut menurut Robby sendiri adalah bagian-bagian dengan adegan yang berdurasi cukup lama dan tidak mempengaruhi keseluruhan cerita, jadi untuk mengurangi kebosanan nantinya bagian tersebut dipotong. Untungnya proses editing dilakukan dengan baik sehingga ketika film berlangsung bagian yang dipotong ini hampir tidak terasa sama sekali.

Film ini memiliki konflik dan alur yang cukup kompleks, masing-masing wanita memiliki konflik tersendiri dan kesemua konflik tersebut diceritakan secara bersamaan, jadi bisa dibilang alur film ini berjalan secara paralel. Dari banyaknya konflik ini nantinya muncul sebuah benang merah yang akan menghubungkan semuanya. Cukup banyak memang film dengan multi konflik yang berjalan secara bersamaan, banyak film yang berhasil menceritakannya dengan cukup baik tapi ada juga yang masih terkesan kasar. Untungnya film ini berhasil memadukannya dengan baik. Hanya saja setiap adegan yang menggunakan scoring yang berbeda cukup mengganggu ketika film ini harus berpindah dari cerita satu ke cerita lainnya dan kembali lagi ke cerita sebelumnya. 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita juga dibalut dengan narasi yang dibawakan oleh tokoh Kartini yang diperankan oleh Jajang C. Noer. Narasi itu sendiri dibawakan dengan cukup baik sehingga seolah-olah tokoh Kartini inilah yang bercerita di dalam film. Lalu tak lupa balutan komedi yang membuat film ini jauh dari kata bosan, membawakan tema yang serius tetapi tetap bisa membuat penontonnya tertawa.

7 Hati 7 Cinta 7 Wanita didukung oleh beberapa artis kenamaan seperti Jajang C. Noer, Marcella Zalianty, Happy Salma, Olga Lidya, Henky Solaiman dan beberapa artis lainnya dimana kesemuanya berhasil memerankan peran masing-masing dengan cukup baik. Jajang C. Noer membawakan peran seorang dokter kandungan yang juga peduli dengan masalah yang dialami pasien-pasiennya. Marcella Zalianty yang hadir memberikan suasana baru ditengah-tengah banyaknya konflik. Walaupun peran tokoh Rohana di film ini sebenarnya tidak terlalu berperan penting. Selain nama-nama tersebut, film ini juga kedatangan beberapa nama baru di dunia film walaupun beberapa nama pernah hadir dalam sebuah film tetapi peran mereka di film ini bisa dibilang lebih menonjol. Nama-nama tersebut seperti Tamara Tyasmara, Rangga Djoned, Novi Sandrasari, Albert Halim dan Intan Kieflie. Penampilan mereka di film ini patut diacungi jempol, sanggup beradu peran dengan mereka yang sudah berpengalaman. Intan Kieflie sendiri, selain berperan sebagai Ratna di film, ia juga berperan sebagai produser dan juga pengisi soundtrack film ini.

Berawal dari film pendek Aku Perempuan, 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita, feature film pertama sutradara muda Robby Ertanto yang mengangkat sisi lain wanita, ketika mereka harus berhadapan dengan hati dan cinta mereka. Walaupun berangkat dengan tema yang serius tapi film ini tetap bisa menampilkan sisi humornya dan hadir sebagai film yang tidak hanya bisa diambil pesan moralnya saja, tetapi juga bisa menjadi suatu hiburan. Dengan dukungan nama-nama yang sudah tidak asing di dunia perfilman dan beberapa nama baru yang menampilkan penampilan mereka yang cukup bagus di film ini. Tidak salah bila film ini sempat masuk menjadi nominator Festival Film Indonesia tahun 2010 walaupun pada akhirnya film ini gagal menjadi yang terbaik dalam ajang penghargaan tersebut.


RATE : 3.5 / 5

11 comments:

  1. Anonymous said...:

    kapan film nya di putar di bioskop seluruh indonesia

  1. Unknown said...:

    Link Downloadnya mana ??????????????????????

  1. flik_kenni said...:

    ga menyediakan link donlod

    film indonesia tinggal beli dvd orinya ga mahal kan?

    apalagi ini film bagus patut dihargai karyanya :)

  1. Satria Libyanto said...:

    blm keluar2 smp sekarang filmnya gmn mau beli?????

  1. ajenkn1y said...:

    aku nyari dvd nya koq ga ada ya?? kira-kira yang jual dmn ya?? butuh bgt.. thx

  1. flik_kenni said...:

    kemaren sempet dijual dvdnya tapi mungkin stoknya memang agak terbatas

    coba cari di toko seperti disc tarra dll

  1. Anonymous said...:

    kalau mau cari original soundtrack nya di mana ya ??

  1. okky said...:

    film ini ada sub inggrisnya..
    bisa tolong bantu cari tahu siapa yg jadi subtitlernya? butuh bgt utk data thesis..
    thx in advance :)

  1. flik_kenni said...:

    @okky
    mungkin bisa langsung kontak ke twitter sutradaranya @Robbyertanto mungkin ybs mau membantu :)

  1. Unknown said...:

    di mnc movie ada

Post a Comment