Welcome (2009)

Labels: , ,


Ketika seseorang sedang jatuh cinta, pasti segala cara dilakukan demi bisa menemui orang yang dicintainya tersebut. Sejauh apapun dan sesulit apapun rintangan yang ia hadapi pasti ia tidak akan menyerah demi menemui cintanya tersebut. Itulah yang dialami oleh Bilal Kayani (Firat Ayverdi), seorang remaja Kurdish asal Irak yang menelusuri perjalanan yang cukup jauh demi menemui kekasihnya Mina (Derya Ayverdi) yang berada di Inggris. Bilal berjalan sejauh ribuan kilometer menelusuri Eropa hingga ke Perancis demi bisa menemui Mina. Sesampainya di Perancis, ia hanya tinggal selangkah lagi untuk bisa bertemu dengan Mina tapi kali ini rintangan besar berada di depannya. Ia harus menyebrangi selat yang memisahkan antara Inggris dan Perancis. Karena ia imigran gelap, maka ia tidak bisa dengan bebasnya menyebrang selat tersebut. Bilal kemudian bertemu dengan Zoran (Selim Akgul), temannya yang juga ingin pergi ke Inggris. Mereka mencoba untuk menyebrang secara ilegal dengan menyusup ke dalam sebuah truk kontainer yang akan menyebrang. Sayangnya usaha mereka gagal karena kesalahan yang dilakukan Bilal akibat trauma yang dialaminya.

Usaha Bilal tidak hanya sampai di sini saja. Di sebuah kolam renang, Bilal bertemu dengan Simon (Vincent Lindon), seorang mantan perenang yang menjadi instruktur renang di tempat itu. Bilal kemudian meminta Simon untuk mengajarkannya cara berenang. Dengan berenang inilah Bilal akan mencoba menyebrang menuju Inggris. Simon sendiri adalah seorang suami yang diambang perceraian dengan istrinya. Bagi istrinya, Simon tidak pernah melakukan sesuatu yang berharga. Maka dengan inilah Simon kemudian memutuskan untuk membantu Bilal berenang demi bisa menyebrangi lautan agar bisa menemui Mina. Selain itu Simon juga memberikan perlindungan bagi Bilal berupa tempat tinggal. Sementara itu waktu yang dimiliki Bilal untuk bisa menemui Mina tidak banyak, karena ayah Mina memiliki rencana lain baginya, yaitu menikahi Mina dengan seorang pria yang menjadi pilihannya ketimbang harus mengizinkan Mina berhubungan lagi dengan Bilal.

Welcome merupakan sebuah film karya sutradara Perancis Philippe Lioret. Film yang dirilis pada tahun 2009 di negara tersebut ini berhasil meraih penghargaan di berbagai Festival Film. Beruntung film ini masuk dalam daftar film yang ditayangkan pada Festival Sinema Perancis 2011. Welcome menceritakan kisah perjuangan dua insan yang memiliki tujuannya masing-masing. Bilal seorang warga Irak yang berjuang menelusuri ribuan kilometer dengan berjalan kaki demi bertemu kekasihnya. Sedangkan Simon adalah seorang pria Perancis yang pernikahannya diambang perceraian. Simon sendiri sebenarnya masih mencintai istrinya. Oleh karena itu, dengan membantu Bilal ia berharap bisa menunjukkan kepada istrinya bahwa sebenarnya ia pun bisa melakukan sesuatu yang berarti. Maka dari itu ia pun membantu Bilal agar bisa menemui Mina. Di Perancis sendiri memberikan bantuan bahkan melakukan kontak dengan imigran gelap ilegal. Jadi beberapa kali Simon harus berurusan dengan petugas keamanan. Lucunya saat berurusan dengan mereka, Simon selalu menghadapi mereka dengan santai. Dalam film ini menggambarkan kedekatan antara Simon dan Bilal yang semakin kuat waktu demi waktu. Chemistry yang dibangun antara keduanya cukup baik walau bagi saya masih kurang 'greget'.

Selain itu para pemeran dalam film ini patut diacungi jempol. Vincent Lindon yang lagi-lagi saya melihatnya di Sinema Perancis tahun ini setelah tahun lalu ia juga tampil dalam Pour Elle dan lagi-lagi ia menampilkan performa yang cukup baik. Vincent sepertinya memang pantas memainkan peran seperti ini. Lalu pemeran lain adalah Firat Ayverdi yang dalam film ini merupakan pertama kalinya ia bermain dalam layar lebar. Walau begitu, ia cukup berhasil memerankan karakter Bilal. Begitu pula saat ia membangun chemistry dengan Simon, saat ia menceritakan pengalamannya dan saat ia bercerita bagaimana kecintaannya pada Manchester United. Pada bagian inilah yang menurut saya chemistry antara keduanya digambarkan. Setiap adegan Welcome diiringi oleh alunan denting piano yang mendayu-dayu, terkadang membuat ngantuk tetapi benar-benar pas mengiringi hari-hari Simon dan Bilal.

Welcome merupakan sebuah drama sederhana yang menceritakan kisah seorang imigran gelap yang melalui berbagai rintangan dan jauhnya jarak demi bisa menemui kekasihnya. Sebuah perjuangan yang bisa menjadi inspirasi sekaligus sedikit membuka mata kita tentang realita kehidupan imigran gelap di Perancis. Performa dari para pemain yang kuat turut mendukung Welcome menjadi karya yang cukup baik dari Philippe Lioret. Walaupun dengan alur yang lambat, bukan berarti membuat Welcome sebagai tontonan yang membosankan.


RATE : 4 / 5

0 comments:

Post a Comment