Exit Through the Gift Shop (2010)


Pastinya kita sering melihat "coretan-coretan" di dinding gedung atau pinggiran jalan, entah itu berupa tulisan atau pun gambar. Terkadang hal ini merusak keindahan tapi ada juga yang justru menambah "warna" tersendiri di kota-kota besar. Penasaran bagaimana "coretan-coretan" itu dibuat dan seperti apa sebenarnya "pekerjaan" yang dilakukan seniman-seniman ini. Exit Through the Gift Shop merupakan film dokumenter yang berdasarkan footage yang dibuat oleh Thierry Guetta yang bercerita tentang para seniman jalanan. Berawal dari hobi Thierry yang merekam kehidupannya sehari-hari dengan kamera bahkan ia tidak bisa meninggalkan rumah tanpa kameranya, Thierry bertemu dengan sepupunya, Invader, seorang seniman jalanan yang cukup dikenal saat ia sedang berlibur ke Perancis. Thierry sendiri adalah imigran Perancis yang tinggal di Los Angeles. Thierry yang mengikuti perjalanan Invader saat ia membuat "hiasan" di gedung dan jalanan membuatnya tertarik untuk menelusuri kehidupan para seniman jalanan ini. Hingga Thierry bertemu dengan Shepard Fairey, seorang seniman jalanan di kota Los Angeles. Thierry yang mengikuti kemana pun Fairey pergi dan memfilmkan seluruh kegiatan Fairey dalam membuat karya-karyanya. Thierry berhasil merekam kegiatan berbagai seniman jalanan yang ia temui, tapi yang membuat dia penasaran adalah Banksy. Banksy adalah seorang seniman jalanan yang karyanya telah mendunia. Berbagai tempat di dunia telah menjadi obyek tempat dia "menempelkan" karya-karyanya.


Berkat Fairey, Thierry berhasil bertemu dengan Banksy dimana setelah itu ia mengikuti hampir seluruh kegiatan Banksy ketika ia membuat karya-karyanya. Di sini karakter Banksy dirahasikannya identitasnya dengan membuat blur pada wajah dan mengubah suaranya. Film ini tidak hanya bercerita tentang para seniman jalanan ini, namun juga tentang kehidupan Thierry itu sendiri. Thierry yang menceritakan masa kecilnya hingga bagaimana kecintaannya terhadap kamera hingga ia selalu merekam kehidupannya. Thierry yang tertarik dengan dunia seni jalanan ini kemudian mendorongnya untuk ikut terjun ke dalamnya. Berkat dorongan Banksy, Thierry pun menorehkan karyanya ke dinding-dinding gedung di kota Los Angeles. Seketika film ini berubah setelah sebelumnya bercerita tentang beberapa seniman jalanan kini beralih pada bagaimana Thierry Guetta menjadi seniman jalanan itu sendiri. Seketika Thierry pun menjadi salah satu seniman jalanan yang dikenal di Los Angeles dengan namanya Mr. Brainwash. Hingga ia pun mengubah sebuah studio bekas menjadi tempat pameran karya-karyanya yang pertama berjudul "Life is Beautiful".


Exit Through the Gift Shop menghadirkan sebuah pengalaman yang cukup unik. Dimana film ini menyuguhkan "petualangan" para seniman jalanan. Bagaimana sulitnya membuat gambar-gambar di dinding jalanan atau gedung dimana pekerjaan ini adalah sesuatu yang ilegal. Cukup menarik ketika kita mengikuti bagaimana Thierry naik turun sebuah bangunan gedung yang cukup berbahaya demi bisa merekam kegiatan para seniman jalanan ini. Hingga pengalaman dikejar dan ditangkap oleh petugas keamanan. Film ini juga menggambarkan bagaimana perubahan yang terjadi pada Thierry Guetta yang awalnya hanya merekam para seniman jalanan ini berdasarkan ketertarikannya pada seni jalanan hingga bagaimana ia tertarik untuk mendalami dan ikut terjun dalam seni jalanan itu sendiri. Sebuah pesan yang dapat diambil bagaimana kehidupan sekitar kita sehari-hari dapat merubah apa yang kita lakukan. Selain itu, hal lain dari film ini yang saya suka adalah musik pengiringnya yang terasa cocok. Apalagi musik pembuka dan penutup film ini, "Tonight the Streets Are Ours" oleh Richard Hawley yang terdengar catchy dan pas sekali dengan film ini.

Exit Through the Gift Shop memberikan pengalaman yang cukup unik dalam sebuah film dokumenter. Dengan tema yang sedikit berbeda dari film dokumenter kebanyakan dimana film ini justru mengangkat suatu fenomena yang mungkin jarang orang mendalami bagaimana kehidupan seniman jalanan. Dimana banyak orang berfikir coretan-coretan mereka justru merusak keindahan kota namun sebaliknya mungkin akan terlihat aneh bila kota tanpa coretan-coretan graffiti. Alhasil Exit Through the Gift Shop menjadi salah satu nominator dalam Academy Award 2011 untuk kategori Best Documentary. Bagi yang menyukai atau ingin tahu street arts seperti graffiti dan sebagainya, Exit Through the Gift Shop adalah sebuah film yang wajib untuk ditonton.


RATE : 4 / 5

0 comments:

Post a Comment