The Karate Kid (2010)

Labels: ,


Story : Dre Parker (Jaden Smith) bersama ibunya pindah dari Amerika Serikat ke Cina demi ibunya yang harus pindah kerja di Cina. Tinggal di sebuah apartemen, Dre kemudian bertemu dengan Meiying. Namun pertemuannya itu malah membawanya ke dalam sebuah masalah dengan Cheng yang merupakan teman dari Meiying. Dre yang menantangnya bertarung harus kalah karena Cheng yang ternyata menguasai Kung-fu. Di sekolah barunya, ternyata Dre harus satu sekolah dengan Cheng dan Meiying. Konflik trus terjadi di antara Cheng dan Dre, sementara itu Dre terus coba untuk mengenal Meiying lebih dekat.


Suatu waktu ketika Dre melihat sebuah perguruan kung-fu. Dia berpikir untuk belajar kung-fu di perguruan tersebut, sayangnya lagi-lagi dia melihat Cheng yang ternyata murid di perguruan kung-fu itu dan ia pun mengurungkan niatnya. Ketika pulang dari darma wisata sekolahnya, Dre yang diam-diam mengikuti Cheng dan teman-temannya menyiram mereka dengan air kotor, sehingga mereka mengejar Dre hingga ia pun terpojok. Saat Cheng sedang memukuli Dre, Mr. Han (Jackie Chan) datang menolongnya dengan mengalahkan Cheng dan teman-temannya. Dre lalu meminta Mr. Han untuk mengajarkannya Kung-fu, namun ia menolaknya. Kemudian Dre bersama Mr. Han menemui guru dari Cheng dan guru tersebut menantang mereka bertarung. Mr. Han menjawab tantangannya bahwa Dre akan menghadapi mereka dalam sebuah turnamen kung-fu.


Mr. Han kemudian mengajarkan kung-fu pada Dre, sementara itu hubungan Dre dan Meiying pun semakin akrab, namun masalah timbul ketika orang tua Meiying mengetahuinya dan Meiying pun tidak diperbolehkan untuk berteman lagi dengannya. Dre lalu fokus untuk menguasai kung-fu dan mengalahkan Cheng dalam turnamen tersebut.


Review : Sebelum menonton film ini, sebaiknya jangan terlalu berekspektasi bahwa ini merupakan remake dari The Karate Kid, bahkan sebenarnya film ini lebih baik disebut "Kung-fu Kid" daripada "Karate Kid". Film yang memiliki durasi 140 menit ini, sebenarnya bukan merupakan film yang buruk. Film ini bisa dinikmati oleh seluruh kalangan, sehingga bisa dijadikan tontonan keluarga. The Karate Kid ini mengambil alur cerita yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, yang berbeda hanyalah cara bertarungnya serta setting tempatnya. Dari karate menjadi kung-fu dan dari Amerika menjadi Cina. Dengan action yang menawan serta drama yang dipenuhi berbagai konflik mulai dari keluarga hingga percintaan membuat film ini tidak membosankan. Ditambah dengan adegan-adegan konyol khas Jackie Chan yang di film ini tampil serius namun tetap lucu dan Jaden Smith yang sepertinya menurunkan sifat ayahnya, Will Smith yang menjadi produser di film ini membuat penonton dibuat tertawa disela-sela film.

Secara keseluruhan, Jackie Chan menampilkan akting yang baik. Sebagai seorang yang serius, ia berhasil memainkan emosinya. Bahkan saat dia harus berakting dalam salah satu adegan yang sedih, penonton bisa merasakan feel-nya. Jackie menampilkan akting yang jauh lebih baik dibandingkan film dia sebelumnya "The Spy Next Door". Sementara itu Jaden Smith yang berperan sebagai Dre menampilkan adegan martial arts yang sungguh memukau. Menjalankan hampir keseluruhan adegan itu sendiri serta berhasil memainkan emosinya hampir di setiap scene. Overall The Karate Kid patut ditonton, apalagi dengan keluarga. Cukup menghibur serta banyak pesan moral yang dapat kita angkat dari film ini. So, Enjoy the movie.


RATE : 3.5/5

0 comments:

Post a Comment