Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Labels: ,


Story : Berkisah tentang sepasang kekasih yang mencoba menghapus ingatan pasangannya. Joel Barish (Jim Carrey) suatu waktu bertemu dengan pacarnya Clementine Kruczynski di sebuah toko, menemukan bahwa dia sudah tidak lagi mengenalnya sebagai pacarnya bahkan Clementine tidak mengenalnya sama sekali dan tentu saja dia sudah mempunyai pacar baru. Joel menemukan sebuah kartu yang menyebutkan bahwa Clementine telah menghapus ingatannya akan Joel. Dia pun ke tempat yang tersebut di kartu itu. Mengetahui bahwa Clementine telah menghapus ingatannya akan dirinya dengan alasan dia tidak hidup bahagia dengannya, kemudian dia memutuskan untuk menghapus ingatannya akan Clementine.


Pada saat ingatannya dihapus di alam bawah sadarnya Joel mengingat kembali memori-memori ia bersama Clementine. Mulai dari bagaimana mereka bertemu, kemesraan mereka berdua hingga konflik-konflik yang mereka alami dalam hubungan mereka. Hingga pada suatu titik Joel malah menikmati kebersamaan bersama Clementine dan berpikir untuk tidak menghapus ingatannya. Dia pun berusaha untuk bangun dari tidurnya, Sementara itu konflik lain terjadi antara Mary (Kirsten Dunst), Stan (Mark Ruffalo) dan Frank (Thomas Jay Ryan) disaat mereka sedang menghapus ingatan Joel.


Review : Eternal Sunshine of the Spotless Mind merupakan film drama percintaan yang memasukkan unsur sci-fi di dalamnya. Penulis cerita Charlie Kaufman berhasil meramu cerita film ini menjadi suatu cerita yang tidak biasa, dengan alur yang menarik sehingga membawa penonton tertarik untuk terus mengikutinya. Setiap adegan akan selalu membuat penonton bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya. Diawali dengan cerita tentang Joel yang bertemu Clementine lalu kita akan dibawa pada sebuah flashback di mana pada akhirnya kita tahu bahwa adegan di awal film merupakan bagian terakhir dari cerita. Sebagian besar cerita mengambil setting dalam pikiran Joel yang digambarkan dengan efek yang cukup baik, seperti bagaimana dunia dalam ingatan Joel yang berubah-ubah dan terkadang menghilang.

Di film ini, Jim Carrey menampilkan salah satu akting terbaiknya. Bisa terlihat bagaimana dia memerankan karakter Joel dengan baik. Selain itu aktris Kate Winslet juga menampilkan peran yang cukup baik. Dunst yang bukan menjadi peran utama dalam film ini juga berhasil memainkan emosinya sebagai Mary dengan baik. Elijah Wood yang berperan sebagai Patrick, pacar baru Clementine, sayangnya karakter Patrick kurang menonjol di film ini. Tidak terlalu dijelaskan bagaimana hubungannya dengan Clementine hingga akhir, sehingga merasa karakter ini menghilang begitu saja.

Eternal Sunshine of the Spotless Mind, mendekati akhir film dijelaskan makna dari judul tersebut. Bagaimana bisa diambil pelajaran moral dari film ini seperti tagline-nya "You can erase someone from your mind. Getting them out of your heart is another story." Akhir kata, film ini merupakan salah satu film drama percintaan yang bagus dimana kita bisa mengambil pesan moral dari film ini dan tentunya menikmati bagaimana Joel akan bermain dengan pikirannya. Enjoy.


RATE : 5/5

0 comments:

Post a Comment