12 Angry Men (1957)

Labels: , ,


Story : Di sebuah pengadilan, 12 orang juri berkumpul dalam suatu ruangan untuk membahas mengenai kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang anak terhadap ayahnya. Dari 12 orang juri tersebut 11 diantaranya setuju bahwa anak itu bersalah dan harus diadili. Tetapi ada satu juri yang tidak yakin bahwa anak itu bersalah. Ia pun berusaha meyakinkan kesebelas juri lainnya dengan argumennya. Hingga terjadi perdebatan yang sangat panjang untuk membuat satu persatu dari juri itu untuk mengatakan bahwa anak itu tidak bersalah.



Review : Sepanjang film dipenuhi oleh banyak perdebatan antara para juri. Mungkin orang akan berpikir film ini akan membosankan. Justru sebaliknya, setiap pembicaraan yang terjadi sangat menarik untuk diikuti. Keduabelas juri beradu argumen dengan memberikan fakta-fakta yang ada. Mempertahankan argumen masing-masing, ditambah konflik pribadi para juri itu sendiri yang mewarnai perdebatan ini. Yang menjadi menarik, setiap pembicaraan yang berhubungan dengan kasus. Seperti perkataan para saksi, membuat kita sebagai penonton terbawa kedalamnya. Membayangkan seperti apa kejadian pembunuhan itu terjadi. Hingga terkadang kita membuat kita ikut berpikir dan membuat kesimpulan sendiri akan fakta-fakta tersebut.

Di sepanjang film yang berdurasi sekitar 96 menit ini hampir seluruhnya dipenuhi oleh perdebatan tersebut. Jadi bisa dibilang durasi perdebatan itu hampir sama dengan film ini. Satu hal lagi, dalam film ini tidak disebutkan siapa saja nama-nama juri yang terlibat. Yang diketahui dari mereka adalah pekerjaan masing-masing dan nomor urut juri. Hanya 2 orang dari juri tersebut yang diketahui namanya yaitu juri #8 dan juri #9. Itu pun disebutkan di akhir film.

Secara keseluruhan, 12 Angry Men merupakan film yang simple tapi amazing. Salah satu film terbaik untuk genre-nya bahkan salah satu film terbaik sepanjang masa. Fantastic!


RATE : 5/5

0 comments:

Post a Comment