Gran Torino (2008)

Labels: ,


Story : Walt Kowalski, seorang veteran perang Korea dan mantan pekerja di pabrik mobil Ford yang baru saja ditinggal istrinya memiliki hubungan kurang baik dengan keluarganya. Bahkan saat anak-anaknya memintanya untuk pindah dari tempat tinggalnya sekarang, di sebuah lingkungan yang mayoritas merupakan imigran dari Asia, dia menolaknya dan lebih memilih untuk tetap tinggal di rumahnya di mana dia menghabiskan sebagian besar hidupnya bersama istrinya . Lalu saat seorang Pastur memintanya untuk melakukan pengakuan dosa yang diminta oleh mantan istrinya, ia pun menolaknya. Hingga kedatangan tetangganya yang merupakan keturunan suku Hmong.

Pada suatu waktu, salah satu anggota keluarga tetangganya, Thao, berurusan dengan sepupunya yang merupakan anggota sebuah geng. Mereka memaksanya untuk bergabung dengan geng tersebut. Untuk itu Thao harus melakukan sesuatu, yaitu mencuri Gran Torino Tahun 1972 milik Walt. Namun usaha itu diketahui oleh Walt, sehingga usahanya untuk mencuri Gran Torino itu gagal. Keesokan harinya geng tersebut tetap memaksa Thao hingga terjadi keributan di mana Walt muncul dan mengusir geng tersebut. Keluarga Thao berterima kasih dan menganggap Walt sebagai pahlawan.


Kedekatan Walt dengan keluarga Hmong itu makin terasa setelah Walt menolong Sue dari ancaman geng lain. Dari sinilah hubungan Walt dan Sue semakin akrab, hingga pada suatu hari Thao bermaksud untuk bertanggung jawab atas apa yang pernah ia lakukan dengan bekerja pada Walt yang kemudian menyuruhnya untuk membantu tetangga mereka. Hubungan Walt dan Thao pun semakin dekat, hingga Walt memberikan Thao pekerjaan di sebuah tempat konstruksi. Lalu masalah kembali muncul ketika Thao diserang oleh anggota geng saat perjalanan pulang dari tempat kerjanya yang membawa keluarganya serta Walt ke dalam masalah ini.


Review : Gran Torino adalah sebuah karya yang menganggumkan dari Clint Eastwood, di mana selain sebagai sutradara, dia juga bermain dalam film ini sebagai sang tokoh utama Walt Powalski. Dia berhasil memerankan perannya dengan baik dengan usianya yang bisa dibilang tidak mungkin untuk memerankan seorang pahlawan dengan penuh aksi. Film yang mengangkat tema sebuah mobil tahun 70-an ini di dalamnya terdapat beberapa dialog yang bisa dianggap rasis bahkan dengan mengambil setting sebuah lingkungan warga imigran asia dengan warga kulit putih di dalamnya sudah dapat terlihat rasisme yang ada di film ini. Namun yang diangkat oleh Walt berbeda, ia justru menyatukan elemen-elemen yang berbeda ini menjadi satu dengan menunjukkan bahwa mereka bisa bersahabat. Bahkan dia memperkenalkan bagaimana budaya mereka (Hmong) lewat dialog-dialog yang ada.

Alur yang disajikan dalam film ini bisa dibilang sangat baik. Diawali dengan hubungan Walt dengan keluarganya lalu konflik yang dialami Thao dan keluarganya hingga hubungan antara Thao dan Walt serta hubungan antara Sue dan Walt dimana di dalamnya cukup menjelaskan latar belakang kehidupan Walt serta kehidupan keluarga Hmong yang kemudian diakhiri dengan konflik antara keluarga Hmong dengan anggota geng, membuat penonton tertarik untuk terus mengikutinya. Ditambah beberapa action yang disajikan dalam film ini sebagai bumbu yang melengkapi drama sebagai menu utamanya. Hingga pada akhirnya cerita ditutup oleh sebuah ending yang 'bitter-sweet' yang membawa perasaan penonton ke dalamnya melengkapi indahnya film ini.

Akhir kata, Gran Torino merupakan salah satu karya terbaik Clint Eastwood, sebuah drama dengan dilengkapi action di dalamnya, menjadikan film ini menjadi salah satu film yang wajib ditonton dari melengkapi daftar film Clint Eastwood lainnya.


RATE : 4.5/10

0 comments:

Post a Comment